Sukses

Parenting

Hindari Stres, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi IbuHamil

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mental selama kehamilan sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Ketika Mom merasa stress dan banyak pikiran, tentu ini akan memengaruhi pada kesehatan diri sendiri dan juga janin. Nah, diperlukan upaya untuk membantu Mom tetap dalam kondisi emosi yang stabil dan lebih santai.

Ada begitu banyak hal yang bisa Mom lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental selama kehamilan. Kira-kira apa saja ya, Mom yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri setiap hari

Lakukan sesuatu yang Mom nikmati yang hanya untuk diri sendiri. Mandi air hangat, bersantai dengan musik, pejamkan mata, pijat lembut perut, atau hal apa pun yang membuat Mom merasa damai dan tenang.

2. Bicaralah dengan seseorang yang Mom percayai

Melepaskan masalah dan membicarakan kekhawatiran dengan teman, anggota keluarga, atau rekan kerja yang pengertian dan dapat dipercaya dapat membuat semua perbedaan. Bicara tentang bagaimana perasaanmu selama kehamilan dapat menjauhkan diri rasa stres dan gelisah.

3. Tetap aktif setiap hari

Olahraga melepaskan endorfin yang akan mengangkat suasana hati. Mom tidak perlu melakukan kelas aerobik atau pergi ke gym. Cobalah untuk menjadikan tetap aktif sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Misalnya, Mom bisa berjalan-jalan atau berolahraga di kantor. Ini dapat mengurangi stres dan juga baik untuk bayi yang belum lahir. Cari tahu lebih lanjut tentang olahraga yang dapat dilakukan saat hamil.

4. Beristirahatlah saat Mom membutuhkannya

Sulit untuk merasa ceria jika Mom merasa lelah dan tidak nyaman, jadi pastikan Mom meluangkan waktu untuk beristirahat jika bisa.

5. Mintalah bantuan praktis dari keluarga atau teman

Bisakah mereka memasakkan makanan, membantu berbelanja, atau menjaga anak-anak? Keluarga dan teman ada untuk mendukung Mom, jadi jangan takut untuk meminta bantuan.

6. Makan dengan baik

Makan yang seimbang dan menu makan yang bervariasi akan membuat Mom tetap sehat dan membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan baik.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Mom gunakan untuk meningkatkan kesehatan mental selama kehamilan. Karena ketika kesehatan mental terganggu, tentu ini akan memengaruhi kesehatan janin. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading