Sukses

Parenting

7 Daftar yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Melahirkan agar Persalinan Lancar

Fimela.com, Jakarta Apakah Mom sering bertanya-tanya bagaimana mempersiapkan persalinan? Jika Mom, calon ibu baru, pertanyaan seperti ini kerap melayang dipikiran. Namun, mempersiapkan kelahiran cukup penting, bukan hanya soal mempersiapkan kebutuhan si kecil, tetapi juga kesehatan calon ibu.

Saat mempersiapkan kelahiran buah hati, sebagain besar waktu Mom terfokuskan hal lain. namun, perlu diingat bahwa ada hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan saat Mom akan melahirkan. Apa saja itu? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Doa terhindar dari penyakit ain pada diri sendiri, Arab latin dan artinya

1. Ikut Kelas Persalinan

Baik Mom adalah orangtua baru atau sudah berpengalaman, menjadi ide bagus untuk mengikuti kelas persalinan. Mengikuti kelas persalinan dapat mendukung mempersiapkan persalinan secara fisik dan emosional. Di sini, Mom akan diajarkan teknik pernapasan, strategi menghilangkan rasa sakit, dan bagaimana mengatasi kontraksi palsu atau dikenal sebagai Braxton Hicks.

2. Rencana Kelahiran

Bagi sebagian orang, membuat rencana kelahiran sangat penting untuk mempersiapkan persalinan. Meskipun persalinan tidak dapat diprediksi, Mom perlu mengetahui HPL, atau hari perkiraan si kecil akan lahir. Ini akan membantu Mom lebih siap dalam mempersiapkan persalinan.

3. Mengemasi Beberapa Perlengkapan untuk Rawat Inap

Meskipun ini adalah tugas yang relatif mudah, jangan menundanya sampai menit terakhir. Hanya 5% bayi yang sebenarnya lahir sesuai dengan HPL, jadi mengemas beberapa keperluan untuk persalinan lebih awal mungkin bisa membantu sewaktu-waktu si kecil akan lahir.

4. Berbicara dengan Orang Terdekat

Pasangan mungkin akan menjadi orang pertama yang menemanimu dalam proses persalinan, namun, orangtua, saudara kandung, atau sahabat juga dapat menjadi orang yang kamu ajak bicara tentang masalah persiapan persalinan.

5. Mengonsumsi Makanan Sehat

Memperhatikan asupan makanan dapat membantu Mom dan si kecil agar tetap sehat. Memperhatikan asupan gizi juga bisa membantu meningkatkan pertumbuhan si kecil dengan stabil dan menyalurkan energi yang dibutuhkan saat melahirkan nanti.

6. Berolahraga

Selain makan dengan baik, berolahraga setiap hari dapat membantu tubuh mempersiapkan tenaga saat proses persalinan. Berolahraga saat hamil dapat membantu memperkuat otot yang akan dibutuhkan saat melahirkan. Para ahli merekomendasikan sekitar 30 menit latihan sedang hampir setiap hari dalam seminggu.

7. Latihan Teknik Relaksasi

Jika Mom mengikuti kelas persalinan, Mom mungkin akan mempelajari beberapa teknik relaksasi yang dapat membantu dalam mempersiapkan persalinan. Yoga prenatal, meditasi, dan pernapasan dalam telah diketahui bisa mengurangi rasa sakit persalinan dan dapat membantu Mom meminimalkan kecemasan umum dan kekhawatiran tentang melahirkan dan perubahan besar yang ada di depan.

Nah, tak hanya berfokus pada perlengkapan bayi, Mom juga perlu memperhatikan fisik sebelum melahirkan. Pastikan Mom melakukan olahraga dan menjaga pola makan serta nutrisi yang didapatkan dari makanan sehat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading