Sukses

Parenting

5 Cara Menjadi Orangtua Tegas Tapi Menyenangkan Buat Anak

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti menginginkan segala hal yang terbaik buat buah hatinya. Orangtua akan melakukan apa saja demi membuat anak merasa nyaman, bahagia dan senang telah memiliki mereka. Meski begitu, orangtua juga berharap bisa menjadi sosok yang tegas dan didengarkan segala nasehatnya untuk anak-anak mereka. 

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, tak mudah untuk menjadi orangtua menyenangkan sekaligus tegas buat anak. Sikap yang terlalu menyenangkan dan memberi kebebasan penuh ke anak, tak jarang membuat anak tumbuh pun berkembang jadi pribadi yang manja. Sebaliknya, orangtua yang terlalu tegas pada anak, bisa merusak kesehatan mental anak dan mengurangi rasa percaya dirinya. 

Lantas, bagaimana untuk menjadi orangtua yang tetap menyenangkan tapi juga didengarkan karena ketegasannya? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan Mom.

Bangun Hubungan Positif

Cara pertama adalah bangun hubungan positif dengan anak. Adanya hubungan yang positif, bisa bikin orangtua lebih nyaman dalam merawat dan mengiringi tumbuh kembangnya. Anak pun tak hanya merasa nyaman, tapi juga merasa lebih tenang. Saat orangtua dan anak memiliki hubungan positif yang baik sejak sedini mungkin, ini akan membuat hubungan tersebut juga positif dan baik hingga anak dewasa.

Tetapkan Batas yang Jelas

Orangtua harus menetapkan batas yang jelas kepada anak. Menetapkan batas ini adalah cara orangtua untuk mengajarkan anak mengenai apa yang boleh dilakukan dan apa yang tak boleh dilakukan. Menetapkan batas akan mengajarkan anak mengenai apa yang benar untuk dilakukan dan apa yang tak benar buat dilakukan. Untuk memudahkan menetapkan batasan ini, cara termudah adalah menanamkan nilai agama ke anak sejak usianya sedini mungkin. 

Beri Contoh

Saat Mom ingin memiliki buah hati yang baik, percaya diri dan pemberani, beri contoh mereka untuk melakukannya. Jadilah orangtua yang baik saat mengharap kebaikan dari buah hati. 

Sikap dan perilaku anak, adalah gambaran atau contoh dari sikap dan perilaku Mom serta ayah selama ini di hadapannya. Usia anak-anak adalah usia di mana mereka akan mencontoh apa yang ia lihat, dengar dan rasakan.

Jadilah Teman dan Sahabat untuk Anak

Orangtua memang memiliki kesibukan masing-masing. Meski begitu, jangan sampai kesibukan ini membuat Mom atau ayah lupa untuk sebentar saja membersamai anak setiap harinya. Cara termudah untuk menjadi teman dan sahabat anak, adalah dengan meluangkan waktu dan menghabiskan waktu bersama mereka. 

Studi menemukan jika anak yang dekat dengan orangtua, lebih mungkin jadi pribadi yang sukses serta bahagia di masa depan. Mereka juga diketahui memiliki mental serta rasa percaya diri yang lebih baik.

Tunjukkan Kasih Sayang dan Cinta Nyata

Menjadi orangtua yang tegas namun menyenangkan, bisa dilakukan dengan menjadi orangtua yang menunjukkan kasih sayang serta cinta secara nyata. Ini tak melulu tentang uang atau mencukupi segala kebutuhan anak ya Mom. 

Ini tentang bagaimana Mom dan ayah memperlakukan mereka, menunjukkan kepedulian, menjamin bahwa kalian selalu ada buatnya di saat suka maupun duka dan bagaimana kalian terus mengiringi anak di setiap langkah pun perjalanan hidupnya. Jadilah orangtua yang mau menjadi pendengar buatnya dan jangan mudah menyalahkan apalagi membentak anak karena hal-hal yang sepele. 

Itulah sekian cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orangtua tegas sekaligus menyenangkan buat anak. Meski hal ini cukup sulit, bukan berarti hal ini tak bisa dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading