Sukses

Parenting

Gaya Parenting untuk Generasi Alfa, Psikolog Ungkap Orangtua Harus Memiliki Pengetahuan yang Luas

Fimela.com, Jakarta Pada dasarnya, anak dalam masa pertumbuhan mengandalkan stimulasi dari dunia nyata untuk perkembangannya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, mengikuti perkembangan teknologi dan digital yang pesat, anak-anak semakin banyak yang terpapar dengan perangkat digital sehingga Generasi Alfa akan bermain, belajar dan berinteraksi dengan cara yang baru.

Kebiasaan baru ini dikarenakan mereka lahir dalam lingkup dimana semua perangkat digital terhubung dengan lingkungan fisik tempat mereka beraktivitas. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi orangtua dalam mendidik anak di era digital.  

Data sensus penduduk tahun 2020 mencatat mayoritas penduduk Indonesia adalah Generasi Z (Gen Z) yaitu sebanyak 28% dari total 270,2 juta populasi penduduk di Indonesia. Gen Z masih dianggap sebagai strawberry generation yang penuh dengan gagasan kreatif tetapi terkesan mudah menyerah dan tersinggung. Sementara Gen Alfa, yang merupakan generasi setelahnya, diharapkan memiliki karakter yang lebih tangguh untuk bertahan dalam kesulitan di masa mendatang.

Sehingga orangtua dari Generasi Alfa diharapkan memiliki pengetahuan yang luas dan matang agar mampu mengajarkan hal-hal baik untuk Gen Alfa yang lebih tangguh.

Child & Family Psychologist, Saskhya Aulia Prima mengatakan, mengasuh anak bersifat multidimensi. Peran multidimensi ini berarti berupaya memenuhi beragam kebutuhan anak.

Orangtua diharuskan mengembangkan pengetahuan yang mendalam dan luas, mulai dari kesadaran akan perkembangan anak, norma-norma yang membantu menjaga anak-anak tetap aman, hingga memahami peran profesional serta sistem sosial yang mendukung pengasuhan anak.

“Oleh karena itu, pola asuh orangtua perlu beradaptasi dan dipersiapkan sesuai keadaan sehingga anak nantinya dapat menjadi pemimpin dunia, tidak hanya siap secara akademis, tetapi juga siap menghadapi masa depan dengan semangat resiliensi,” ujarnya. 

Gaya Parenting untuk Generasi Alfa di My Baby Momversity

Menyadari pentingnya pembentukan fondasi karakter Si Kecil dari awal, My Baby melalui program tahunannya yaitu My Baby Momversity yang menghadirkan rangkaian edukasi dan kegiatan yang menarik dengan tema #TransformationalParenting: Gaya Parenting untuk Generasi Alfa.

Adanya beberapa adaptasi parenting saat masa pandemi lalu, di mana para orangtua jadi lebih banyak memanfaatkan gadget / teknologi secara positif, perlu lebih berhati-hati dalam melakukan pengaturan keuangan, mental, serta kesehatan keluarga.

Audrey Gandadjaja, Managing Director Brand Portfolio & Communication MY Baby menyampaikan Orangtua senantiasa mencari informasi yang terkini dan tepat dari ahlinya sehingga selain anak dapat tumbuh dengan sehat, mereka juga tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan siap ambil bagian dalam masyarakat di kemudian hari.

“Melalui My Baby Momversity tahun ini, MY BABY ingin semakin memperkaya pengetahuan orangtua dalam beradaptasi dengan perkembangan terkini agar teredukasi dengan baik dalam mengelola emosi sebagai orang tua, mendidik anak di era digital dan teknologi dengan positif, memiliki kemampuan dalam merencanakan finansial bagi masa depan anak, dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam parenting Generasi Alfa,” ujarnya.

Secara khusus My Baby akan mengadakan Event Big Bang MY BABY Momversity 5th Anniversary di Gandaria pada 9 Desember 2023. Terbuka secara umum dan gratis. Melalui event ini, orangtua dapat mengikuti 5 kelas inspirasi, seperti kelas mengenai “Mindful Parenting” bersama Saskhya Aulia Prima, “Effective Communication in Parenting” oleh Rumah Dandelion, “Financial Hacks” bersama Annisa Steviani, serta “Nutrition Investment for Children” yang akan dibawakan Leona Victoria.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading