Sukses

Parenting

Urutan Memandikan Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar

Fimela.com, Jakarta Memiliki seorang bayi adalah yang sangat membahagiakan. Walaupun bayi baru lahir, kulit bayi harus tetap kita jaga kebersihannya, karena kulit bayi sangat sensitif terhadap lingkungan.

Memandikan bayi yang baru saja lahir, merupakan tantangan tersendiri untuk seorang ibu yang pertama kali memiliki seorang anak. Tentu saja karena badan bayi yang baru saja lahir masih sangat kecil, sehingga harus berhati-hati dalam memandikannya.

Urutan memandikan bayi yang baru saja lahir, tidak sama dengan urutan mandi orang dewasa. Bahkan suhu air untuk mandi pun berbeda. BerikutĀ urutan memandikan bayi yang baru lahir, dilansir dari berbagai sumber:

Waktu Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Ketika memandikan bayi untuk pertama kali atau bayi yang baru saja lahir, waktu memandikannya adalah sekitar 24 jam, setelah bayi tersebut dilahirkan.

Pada saat bayi baru lahir, hindari memandikan bayi dengan merendam bayi, dan mandikan bayi dalam waktu 3 kali dalam seminggu saja, sampai tali pusar bayi terlepas.

Basuhlah bayi dengan menggunakanĀ washlap yang bertekstur lembut, lakukan dengan gerakan dari atas ke bawah. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter atau perawat, untuk memandikan bayi yang baru lahir.

Urutan Memandikan Bayi Tanpa Bak Mandi

Untuk cara memandikan bayi yang baru lahir, Mom bisa memandikan bayi di kamar dengan permukaan diberi alas handuk. Kemudian siapkan peralatan sepertiĀ washlapĀ dan air hangat.

Urutan memandikan bayi yang pertama yaitu melepaskan pakaian bayi, dengan posisi satu tangan memegang kepala bayi dan satu tangan melepaskan bayunya. Lalu ambillah handuk untuk menyelimuti bayi.

Mandikan bayi dengan membasuh mulai dari belakang telinga, leher, siku, lutut, jari tangan dan jari kaki. Lalu basuh rambut di bagian akhir.

Setelah itu bersihkan diarea yang menggunakan popok, mulai dari depan hingga ke pantat bagian belakang. Kemudian keringkan dan pakaikan baju serta popok.

Ā 

Urutan Memandikan Bayi dengan Bak Mandi

Jika Sahabat Fimela memiliki bayi yang tali pusarnya sudah lepas, bayi bisa dimandikan ddengan bak mandi. Urutannya dengan mengisi bak mandi dengan sedikit air, kurang lebih 2 hingga 3 inci air hangat.

Lepaskan pakaian bayi dan topang bayi dengan satu tangan, sedangkan tangan satunya untuk membasuh bayi. Basuhkan denganĀ washlap pada bagian atas hingga bagian bawah.

Setelah itu angkat bayi agar bayi tidak kedinginan, keringkan dengan handuk kering, kemudian pakaikan popok dan juga baju. Jangan biarkan bayi berendam di bak mandi terlalu lama.

Ā 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading