Sukses

Parenting

Tips Mengajak Si Kecil Perjalanan Jauh Pertama Kali, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Fimela.com, Jakarta Wah, pasti senang rasanya merencanakan liburan pertama dengan si kecil nih! Selain bisa menghilangkan rasa jenuh dan penat dari rutinitas sehari-hari sekaligus kesibukan merawat buah hati tercinta, momen ini juga bisa menjadi kenangan indah bersama keluarga kecil tersayang. Tapi, jangan lupa kalau mengajak balita melakukan perjalanan jauh memerlukan persiapan yang ekstra, lho!

Sebagian Moms mungkin masih sering dibuat bingung apa saja barang yang harus dibawa saat mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh untuk pertama kalinya. Supaya perjalanan dengan si kecil tetap nyaman dan lancar, berikut ini beberapa daftar hal yang harus disiapkan!

Moda Transportasi yang Nyaman untuk Si Kecil

Saat akan mengajak si kecil melakukan perjalanan jauh, hal pertama yang harus dipikirkan orang tua adalah moda transportasi yang digunakan. Hal ini bisa jadi sangat mempengaruhi kenyamanan buah hati selama perjalanan. Jadi, pastikan orang tua benar-benar mempertimbangkan hal ini dengan baik. 

Membawa mobil pribadi bisa jadi pilihan untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Selain itu, orang tua bisa lebih bebas membawa banyak barang untuk keperluan anak. Namun, pastikan mobil yang dipakai nyaman untuk anak, misalnya memiliki AC yang berfungsi dengan baik untuk menyejukkan udara. Jangan lupa siapkan juga kursi khusus bayi yang terpasang dengan aman di dalam mobil dan pakai sabuk pengaman juga ya!

Sementara itu, jika pergi ke luar kota dengan jarak tempuh lebih dari 10 jam dengan perjalanan darat, kereta api atau pesawat bisa jadi pilihan untuk memangkas waktu perjalanan. Hal ini juga penting untuk mencegah si kecil merasa kelelahan karena berada di perjalanan yang terlalu lama.

Siapkan Makanan atau Cemilan Sesuai dengan Waktu Perjalanan

Saat akan melakukan perjalanan jauh dengan si kecil, jangan lupa siapkan bekal makanan dan camilan favoritnya. Hal ini penting karena balita umumnya belum bisa makan makanan yang sama dengan orang dewasa. Jadi, Moms bisa meminimalisir anak rewel karena lapar selama di perjalanan. 

Moms bisa menyiapkan makanan sesuai dengan perkiraan waktu perjalanan. Misalnya bekal untuk sarapan dan makan siang jika perjalanan dimulai dari pagi hari. Siapkan juga stok finger food atau cemilan yang praktis dimakan selama perjalanan. Tempatkan masing-masing dalam wadah terpisah agar memudahkan Moms saat akan memberikannya pada anak nanti.

Bawa Mainan Favoritnya

Perjalanan yang panjang bisa membuat anak-anak merasa bosan berada di dalam mobil dalam waktu yang lama. Hal ini juga bisa jadi salah satu faktor yang bikin mereka rewel. Untuk mengantisipasinya, jangan lupa bawa mainan favorit anak yang bisa dimainkan selama perjalanan. 

Misalnya saja Moms bisa membawa boneka tangan kesayangannya untuk bermain sandiwara bersama di dalam mobil. Selain itu, mainan magnetik, stiker, atau buku mewarnai juga bisa jadi ide mainan seru yang bisa mengusir rasa bosan si kecil saat melalui perjalanan panjang. 

Jangan Lupa Bawa Obat-obatan Pribadi Ya!

Persiapan nggak kalah penting adalah obat-obatan pribadi yang bisa jadi pertolongan pertama untuk si kecil saat perjalanan. Misalnya saja plester luka, minyak telon untuk menghangatkan tubuh, hingga losion anti nyamuk untuk menghindari buah hati dari gigitan nyamuk yang bisa berisiko demam berdarah. 

Moms juga bisa membawa paracetamol untuk anak-anak dan obat-obatan lainnya yang biasa dikonsumsi anak saat sakit, tentunya sesuai petunjuk dokter. Tempatkan dalam wadah khusus agar mudah dicari. Hal ini bisa membantu mengatasi rasa panik orang tua saat anak tiba-tiba sakit saat liburan.

Pakaian Ekstra dan Bawa Banyak Popok untuk Ganti

Last but not least, jangan lupa siapkan banyak pakaian ganti dan popok untuk si kecil selama perjalanan. Hal ini sangat penting karena anak-anak sering melakukan aksi tak terduga yang bisa membuat pakaiannya kotor, misalnya saja menumpahkan makanan, bermain pasir, atau berlarian yang membuat pakaiannya basah karena keringat. Pakaian yang bersih tentu saja membantu anak agar tetap nyaman baik selama perjalanan liburan. 

Selain itu, perhatikan juga popok yang digunakan selama bepergian. Popok dengan daya tampung kurang baik bisa berisiko bocor di tengah jalan. Selain itu, jika bahannya kasar atau gerah tentu saja bisa bikin si kecil jadi kurang nyaman dan malah rewel sepanjang perjalanan. 

Jangan sampai salah pilih popok berkualitas untuk menemani keseharian si kecil, percayakan saja pada Baby Happy Body Fit Pants yuk, Moms! Popok celana yang satu ini memiliki bahan sejuk anti gerah karena diproses dengan Air Through Nonwoven Technology sehingga popok lebih halus, sirkulasi udara bisa dilakukan dengan baik sehingga tidak terasa panas dan bebas ruam. 

Selain itu, daya tampungnya juga 2x lebih besar dan anti bocor. Daya serapnya lebih besar 70% yang bisa menyerap lebih banyak dan lebih cepat sekaligus menjaga permukaan popok tetap kering yang membantu si kecil tetap terasa nyaman. 

Dengan karet pinggang lembut dan elastis yang anti lecet dan fleksibel, pastinya mendukung kenyamanan si kecil dalam berbagai aktivitas. Popok ini juga dibekali dengan Pulp Double Pressure yang bisa menyerap cairan dengan cepat dan merata, sehingga tidak menimbulkan gumpalan yang bikin si kecil nggak nyaman.

Yuk, siapkan stok Baby Happy Body Fit Pants untuk menemani apapun aktivitas si kecil sehari-hari dengan beli langsung produknya di minimarket terdekat atau e-commerce kesayangan. Temukan informasi produk lebih lengkap dengan follow Instagram @babyhappydiapers yuk!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading