Sukses

Relationship

5 Cara Mengatasi Rasa Insecure saat Memulai Hubungan Baru

Fimela.com, Jakarta Memulai hubungan baru bisa menjadi hal yang cukup membuat kita gelisah. Apalagi bagi yang punya pengalaman patah hati, diselingkuhi, disakiti, dan trauma terkait cinta, maka membangun hubungan baru bisa membuat kita merasa insecure. Tidak mudah untuk bisa langsung yakin dan mantap membangun hubungan baru, tetapi bukan berarti tak ada cara untuk mengatasi rasa insecure tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk atasi rasa insecure membangun hubungan baru. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk  bantu atasi rasa insecure dalam membangun sebuah hubungan. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

1. Buat Diri Sendiri Nyaman Lebih Dulu

Upayakan dirimu sudah benar-benar nyaman dengan dirimu sendiri. Saat sudah nyaman dengan diri sendiri, maka akan lebih mudah bagimu untuk menyesuaikan diri merasa nyaman dengan pasangan. Kalau masih ada masalah yang belum selesai di masa lalu, coba untuk atasi lebih dulu. Hatimu perlu lebih lapang dari sebelumnya agar bisa mendapatkan kenyamanan yang baru kali ini. 

2. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Kalau memang belum benar-benar siap memulai hubungan baru, maka beri hatimu waktu. Isi waktumu melakukan hal-hal yang kamu sukai dan membuatmu hidup lebih bermakna. Ini hidupmu, maka kamu layak untuk menjalani dan mengisinya dengan hal-hal yang selaras dengan prioritas dan impianmu. 

3. Temukan Tujuan dalam Hubungan

Kadang rasa insecure muncul karena kita tersesat atau kehilangan arah. Dalam menjalin hubungan agar tidak mudah insecure, bisa coba untuk menemukan atau menetapkan tujuan hubungan. Mau dibawa ke mana hubungan yang akan dijalin nanti? Apa saja rencana yang akan diterapkan dalam hubungan? Setidaknya dengan begini, kamu bisa lebih mudah menata dan mengatur prioritas hidup dengan lebih baik.

4. Fokus pada Sisi Baik

Insecurities yang kamu rasakan saat ini mungkin karena kamu telah menghadapi banyak penolakan dan pengkhianatan. Sehingga kamu merasa takut untuk memulai kembali. Namun, pada dasarnya semua hal yang kita hadapi dan pilihan yang kita ambil akan menghadirkan berbagai kemungkinan. Dalam sebuah hubungan, kemungkinannya bisa langgeng atau putus di tengah jalan. Kali ini, coba fokus untuk menjalin hubungan yang lebih baik. Kalau ingin mendapat hubungan yang langgeng, maka upayakanlah.

5. Bicarakan dan Utarakan Perasaan

Saat akan menjalin hubungan dengan seseorang, kamu bisa coba untuk bicarakan dan utarakan perasaanmu. Utarakan hal-hal yang membuatmu merasa insecure, karena siapa tahu pasanganmu bisa membantumu untuk mengatasinya. Setidaknya komunikasi yang jujur dan terbuka bisa memudahkanmu untuk membangun hubungan yang lebih kuat.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat, ya. Semoga kamu juga bisa segera mendapatkan hubungan yang sudah lama kamu impikan dan nantikan.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading