Sukses

Relationship

Pahami 4 Ciri Pertemanan Ideal

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti mengingkan hubungan pertemanan ideal. Menurut Reisman dalam bukunya yang berjudul Anatomy of Friendship, ia menjelaskan bahwa ada satu tipe hubungan pertemanan yang dapat dikatakan sebagai tipe hubungan pertemanan ideal, yaitu friendship of reciprocity atau pertemanan timbal balik. Adanya keseimbangan dalam menerima dan memberi manfaat satu sama lain adalah ciri utama dari friendship of reciprocity. Dari keseimbangan tersebut, muncul rasa kesetaraan yang membuat kita merasa bahwa kita diterima dan dibutuhkan, sehingga kebutuhan sosial kita sebagai manusia terpenuhi. Selain adanya keseimbangan dan kesetaraan, berikut adalah beberapa ciri lain dari friendship of reciprocity yang dapat membantu meningkatkan kualitas pertemanan:

Ciri Pertemanan Ideal

1. Loyalitas

Loyalitas adalah ciri lain dari tipe hubungan pertemanan ideal. Loyalitas muncul karena adanya kedekatan emosional. Pada umumnya, kedekatan emosional dapat dibangun melalui dialog dan tindakan. Melalui dialog, teman dapat saling memahami ritme kehidupan satu sama lain, sehingga terbentuk rasa koneksi yang dalam. Sedangkan melalui tindakan, teman akan berbagi aktivitas dan rasa pertemanan akan terbangun secara alami. Secara umum, dialog lebih sering dilakukan oleh perempuan, sedangkan tindakan lebih sering dilakukan oleh laki-laki.

2. Pengorbanan Diri

Pengorbanan diri dalam hubungan pertemanan bukan berarti kita harus mengorbankan materi, ya. Tetapi, lebih kepada kesediaan untuk mengorbankan waktu, tenaga, pemikiran, dan perasaan. Dalam hubungan pertemanan ideal, kesediaan untuk mengorbankan hal-hal tersebut biasanya dilakukan secara sukarela, karena adanya keseimbangan dan kesetaraan dalam timbal balik.

3. Rasa Saling Menyayangi

Rasa saling menyayangi antar teman muncul secara alami sebagai bentuk apresiasi akan loyalitas dan pengorbanan diri yang telah dilakukan satu sama lain. Rasa saling menyayangi ini biasanya ditunjukkan melalui beberapa perilaku, seperti memberi dukungan, mendengarkan masalah, menawarkan bantuan, serta memberitahu dan membuktikan bahwa mereka tidak sendiri.

4. Kemurahan Hati

Ciri yang terakhir dari friendship of reciprocity sebagai tipe hubungan pertemanan ideal adalah adanya kemurahan hati. Kemurahan hati ini dapat berupa penerimaan, karena salah satu harapan kita saat memiliki teman adalah kita diterima apa adanya sehingga tidak ada yang perlu ditutup-tutupi antara satu sama lain. Saat sudah merasa diterima, kepercayaan pun akan terbangun secara alami.

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading