Sukses

Relationship

Cara Mengatasi Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Fimela.com, Jakarta Pengalaman jatuh cinta adalah pengalaman yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Jatuh cinta dapat membuat seseorang merasa paling bahagia dan beruntung di dunia ini. Tetapi, jatuh cinta juga dapat membuat seseorang merasa paling sengsara dan menyedihkan. Pengalaman jatuh cinta yang kurang baik, seperti cinta bertepuk sebelah tangan, mungkin akan meninggalkan luka yang cukup dalam. Jika kamu pernah atau sedang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan, maka sebaiknya kamu melakukan hal-hal ini untuk menyembuhkan luka yang timbul dari cinta bertepuk sebelah tangan.

1. Menyadari bahwa orang yang kamu sukai tidak sempurna

Saat jatuh cinta atau menyukai seseorang, kamu tentu akan memandang dirinya sebagai sosok yang sempurna dan itu yang membuatmu semakin sulit untuk menghentikan serta menghilangkan perasaan tersebut. Tetapi, kamu perlu menyadari bahwa orang yang kamu sukai adalah manusia biasa yang tidak sempurna dan memiliki kekurangan. Saat kamu menyadari kekurangan yang ia miliki, hal tersebut akan memudahkan dirimu untuk menghentikan rasa suka pada dirinya.

2. Menerima keputusan mereka dan berusaha tidak membangun hubungan dengannya

Saat kamu memutuskan untuk memberitahu orang yang kamu sukai tentang perasaanmu dan ia tidak bisa membalas perasaanmu, kamu sudah melakukan sebuah langkah untuk menghentikan perasaan tersebut. Jangan paksakan orang yang kamu sukai untuk membalas perasaanmu. Kamu harus menerima keputusan dan perasaannya. Saat kamu sudah mengetahui bahwa ia tidak tertarik untuk menjalin hubungan romantis denganmu, maka sejak saat itu kamu harus berusaha untuk tidak membangun hubungan romantis dengannya.

3. Berhenti memikirkan dan mengharapkan mereka

Tidak akan mudah berhenti memikirkan dan mengharapkan orang yang kamu sukai. Tetapi, saat kamu mengetahui bahwa ia tidak akan membalas perasaanmu, kamu harus mulai membuang jauh-jauh segala pikiran dan harapan tentang dirinya. Semakin sering kamu memikirkan dan mengharapkannya, maka perasaan tersebut akan bertahan semakin lama dan membuatmu lebih sakit hati. Saat orang yang kamu sukai mulai muncul dalam pikiranmu, cobalah untuk mengalihkan perhatian dan pikiranmu pada tujuanmu atau hal lain yang kamu minati. Lakukan hal ini dengan nyaman. Jangan paksa dirimu terlalu keras.

4. Beri waktu dirimu untuk bersedih

Cinta bertepuk sebelah tangan adalah pengalaman jatuh cinta yang kurang menyenangkan. Akan ada fase dimana kamu sulit menerima kenyataan bahwa orang yang kamu sukai tidak bisa membalas perasaanmu. Jangan paksa dan halangi dirimu dari perasaan-perasaan yang muncul saat itu. Beri dirimu waktu dan biarkan perasaan serta emosi yang muncul mengalir dengan sendirinya. Jika terlalu berat melaluinya sendiri, kamu bisa membagikan apa yang kamu rasakan dengan orang yang kamu percaya. Jangan terlalu keras pada dirimu sendiri.

5. Menyibukkan diri sendiri

Ketika kamu sudah memberi waktu dan membiarkan dirimu sendiri merasakan serta meluapkan berbagai emosi yang muncul, kamu bisa mulai membuka lembaran baru dengan berbagai kegiatan. Kamu harus ingat bahwa hidup terus berjalan dan kamu tidak boleh terjebak pada satu fase kehidupan. Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk kembali menjalani kehidupan, seperti melakukan hal-hal menyenangkan, melakukan berbagai hal yang kamu sukai, bahkan mungkin mencoba hal-hal diluar zona nyamanmu untuk menemukan kesempatan, tujuan, gairah, dan alasan hidup yang baru.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading