Sukses

Relationship

5 Tata Cara Tunangan yang Sakral dan Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Merencanakan perikahan terkadang bisa membuat pasangan stress hingga diantara kedua keluarga, ada banyak perisapan yang perlu direncanakan secara matang sebelum perikahan. Sebelum melakukan pernikahan seseorang biasanya akan melakukan pertunangan terlebih dahulu diantara kedua pasangan.

Tunangan menandakan pengikatan diantara kedua pasangan yang tengah menjalin kasih untuk bersiap ke jenjang yang lebih serius. Untuk mempersiapkan tunangan sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, pasalnya mempersiapkan tunangan tidak semudah yang dibayangkan.

Ternyata tunangan dan lamaran memiliki makna yang berbeda, biasanya tunangan identic dengan pengadaan tukar cici sebagai ikatan menuju jenjang yang lebih serius. Sedangkan lamaran sendiri merupakan acara adat sebagai cara untuk meminta restu kepada kedua orang tua. Berikut beberapa cara dan persiapan untuk tunangan yang perlu kamu tahu:

1. Salam dan Sambutan dengan Pihak Keluarga

Biasanya pada bagian awal ini dipersiapkan oleh kedua belah pihak keluarga atau pihak laki-laki yang datang ke rumah perempuan. Pihak laki-laki maupun perempuan akan memberikan salam dan sambutan diantara kedua kenan untuk memperkenalkan diri dari kedua belah pihak.

2. Mengutarakan Maksud dan Tujuan Kedatangan

Setelah mengucapkan salam dan memberikan sambutan, tentu bagi pihak laki-laki akan menyampaikan maksud dan tujuan datang ke rumah pihak perempuan. Disini tentu akan menjelaskan apa saja maksud tujuan dari pihak laki-laki seperti melakukan proses pertunangan antara pasangan.

3. Menyampaikan Kesediaan dan Ketetapan Hati

Kemudian jika sudah menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan pihak laki-laki, maka selanjutnya perlu menyampaikan kesediaan serta ketetapan hati diantara kedua belah pihak. Hal ini tentu menentukan putusan yang baik diantara kedua belah pihak, tentu akan ditanyakan mengenai kesanggupan dan tanggung jawab antara pasangan.

4. Serah Terima

Simbol yang menjadi pengikat tunangan adalah memberikan serah terima maupun cincin, bagian satu ini sangatlah sakral dan harus dilakukan dengan hati-hati. Tentu setelah melakukan serah terima, akan ada pembahasan mengenai kesepakatan tanggal untuk pernikahan selanjutnya.

5. Penutupan Ramah Tamah

Setelah acara sudah selesai tentu sebagai penutup rangkaian yang panjang, diantara kedua pihak akan memanjatkan doa. Selanjutnya ucapan terima kasih dan diringi dengan penutupan ramah tamah pertunangan dengan makan bersama agar saling lebih dekat diantara kedua belah keluarga.

Itulah tata cara pertunangan pertunangan yang dapat kamu ketahui.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading