Sukses

Relationship

5 Proses Pernikahan dalam Islam yang Perlu Kamu Tahu

Fimela.com, Jakarta Pernikahan merupakan salah satu momen yang membahagiakan, pada momen sakral ini tentu setiap orang yang akan melangsungkan pernikahan mengharapkan kebaikan serta kehidupan yang harmonis. Ternyata untuk melewati masa pernikahan akan dihadapkan oleh berbagai proses pernikahan lho.

Dalam Islam sendiri terkadap acara inti yang menjadi rangkaian proses pernikahan yaitu akad nikah, akad nikah sendiri dimaknai dengan adanya perjanjian antara wali dari mempelai perempuan dengan mempelai laki-laki yang dihadari oleh saksi. Melalui proses pernikahan sendiri cukup banyak yang harus dilewati agar menjadi sah.

Lalu apa saja yang harus dilalui dalam proses pernikahan seseorang? Ada beberapa proses maupun susunan yang mungkin harus diikuti dalam pernikahan sebagai berikut ini:

1. Khotbah Pernikahan

Khotbah pernikahan biasanya akan diisi oleh pembekalan tentang kehidupan setelah menikah atau rumah tingga, selain itu yang akan menyampaikan mengenai khotbah adalah pemuka agama atau pengulu setempat. Dalam khotbah pernikahan sendiri akan diawali dengan bacaam tahmid, istigfar, dan syahadat.

2. Ijab Qabul

Ijab qabul menjadi salah satu momen yang paling penting dan sakral, pada serangkaian ini dimana mempelai laki-laki akan menerima kehadiran mempelai perempuan dia atas perjanjian dengan Allah SWT. Saat prosesi ijab qabul sendiri kedua mempelai akan diarahkan untuk menuju ke meja akad dan seluruh proses ini akan dipimpin oleh penghulu.

3. Pembacaan Doa

Setelah proses ijab qabul selesai maka selanjutnya para pengantin akan membaca doa yang dipimpin oleh pihak penghulu atau pemuka agama setempat. Adanya doa ini tentu seluruh orang mengharapkan pernikahan pasangan dilindungi dan mendapatkan keberkahan.

4. Penyerahan Mahar

Pada proses satu ini biasanya mempelai laki-laki akan menyerahkan mahar atau simbolis kepada mempelai perempuan, biasanya beberapa jenis mahar dalam bentuk emas, uang tunani, perangkat alat solat, dan lainnya yang dibutuhkan oleh mempelai perempuan.

5. Penutup

Sebelum prosesi pernikahan selesai akan diisi oleh nasihat pernikahan, biasanya berisi mengenai hak maupun kewajiban suami istri dalam menjalin hubungan rumah tangga. Selanjutnya akan ada prosesi sungkeman kepada orang tua sebagai salah satu bentuk doa restu.

Itulah beberapa proses pernikahan yang mungkin perlu kamu tahu, beberapa proses pernikahan ini mengandung banyak makna yang baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading