Sukses

Relationship

5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dalam Islam

Fimela.com, Jakarta Setelah melalui masa pernikahan akan ada hak serta kewajiban yang menjadi tanggung jawab suami maupun istri. Pria yang sudah berkeluarga akan memiliki dua tanggung jawab, yaitu tanggung jawab sebagai seorang suami dan kepala keluarga.

Kewajiban suami maupun istri sendiri menjadi tanggung jawab masing-masing, kewajiban inilah yang akan menciptakan suasana rumah harmonis serta damai. Selayaknya bagaimana islam memandang pernikahan menjadi salah satu hal yang sakral dan memiliki makna keibadahan.

Selain itu kewajiban maupun hak juga dapat menyadarkan pribadi masing-masing dalam berumah tangga untuk senantiasa memberikan kenyamanan masing-masing. Berikut beberapa kewajiban suami kepada istri yang perlu kamu tahu:

1. Memberikan Nafkah yang Halal

Nafkah merupakan salah satu hak istri dan menjadi kewajiban suami yang harus dipenuhi. Dalam islam sendiri, suami mewajibkan memberi serta mencukupi kebutuhan istri yang sudah didapatkan dari pekerjaannya yang halal dan baik. Selain itu kewajiban dalam memberi nafkah meliputi beberapa hal seperti pemenuhan kebutuhan.

2. Menunjukkan Kasih Sayang

Lalu sebagai suami harus menunjukkan adanya kasih sayang kepada istri atau anak-anak, sebagai seorang pria tak harus menunjukkan kesan pemarah cukup tegas dan bijaksana dalam menentukan dan berpendapat. Selain itu hindari berbicara yang terlalu mengintimidasi atau memerintah. 

3. Menghormati Istri

Selanjutnya kewajiban bagi suami adalah menghormati istri dalam berbagai kondisi, selain itu hal ini juga menjadi salah satu bentuk penghormatan suami kepada istri. Menghormati istri dalam berbagai bentuk seperti mendengarkan pendapat atau melaksanakan perintahnya.

4. Menjaga Aib Istri

Sebagai kepala rumah tangga juga sangat penting untuk menjaga nama baik istri didepan banyak orang, jangan membicarakan kejelakan istri dihadapan orang lain yang justru dapat menjadi masalah dalam rumah tangga. Selain itu hindarilah untuk mengucap kejelekan atau masalah apapun dalam rumah tangga.

5. Membimbing Istri

Suami menjadi imam dalam rumah tangga, selain itu kewajiban bagi suami adalah membimbing istri di dalam rumah tangga. Selain itu membimbing istri untuk selalu berada di jalan yang benar dan mematuhi segala perintah Allah SWT. Akan tetapi, membimbing istri tidak hanya dalam hal agama tentu dalam beberapa kehidupan sosial lainnya.

Itulah beberapa tanggung jawab yang menjadi kewajiban seorang suami kepada istri yang perlu kamu tahu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading