Sukses

Relationship

5 Cara Memberikan Dukungan Emosional Kepada Pasangan dengan Tulus

Fimela.com, Jakarta Menjaga hubungan memang sangat sulit. Tergantung mengikuti kebutuhan, tuntutan, suasana hati pasangan, dan lainnya. Bisa sangat memberatkan jika kamu tidak menyadari peranmu dalam hubungan tersebut. Untuk menjadi sadar emosional, kamu harus merangsang bagian emosional di dalam dirimu. Kamu harus hadir secara emosional dalam hubungan tersebut. Jika kamu ingin meningkatkan hubungan, maka beberapa cara di bawah ini membantumu cara hadir secara emosional dalam hubungan. Penasaran? Yuk, simak selengkapnnya di bawah ini.

1. Berlatihkan Mendengarkan Secara Aktif

Berlatih mendengarkan secara aktif dengan pasangan. Ini berarti mengesampingkan gangguan dan benar-benar fokus pada apa yang mereka katakan. Jangan menyela pasangan dan mencoba memahami perspektif mereka tanpa menghakimi. Kamu bahkan dapat mengajukan pertanyaan untuk kejelasan karena ini akan menunjukkan bahwa kamu memperhatikan.

2. Tunjukkan Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain. Itu adalah bagian penting dari kehadiran emosional dalam suatu hubungan. Ketika pasanganmu berbagi sesuatu denganmu, cobalah untuk menempatkan dirimu pada posisi dia dan bayangkan bagaimana perasaannya. Akui apa yang dia rasakan dan validasikan pengalamannya.

3. Menjadi Rentan

Jangan ragu untuk berbagi emosimu sendiri dengan pasangan. Bersedia untuk berbagi kerentananmu dengan pasangan. Ini dapat menciptakan tingkat keintiman dan kepercayaan yang lebih dalam dalam hubungan. Pasanganmu akan menghargai kejujuran dan keterbukaanmu.

4. Luangkan Waktu Satu Sama Lain

Sangat penting bagimu dan pasangan untuk menghabiskan banyak waktu bersama. Saat kalian berdua bersama, penting untuk mengesampingkan gangguan dan fokus satu sama lain. Luangkan waktu untuk kencan malam, percakapan yang bermakna, dan aktivitas bersama yang membuatmu lebih dekat.

5. Latihan Bersyukur

Ucapkan terima kasih kepada pasangan dan terus ingatkan mereka betapa bersyukurnya kamu memilikinya dalam hidup. Mempraktikkan rasa syukur dapat membantumu lebih hadir secara emosional dalam hubungan. Luangkan waktu untuk menghargai hal-hal kecil yang dilakukan pasangan untuk dirimu dan ungkapkan rasa terima kasih.

Nah, tak hanya cinta dan kedekatan fisik, tapi kedekatan emosional juga dibutuhkan dalam hubungan. Kedekatan emosional membantumu lebih dekat dan bisa merasakan apa yang dirasakan pasangan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading