Sukses

Beauty

11 Penyebab Jerawatan yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami para perempuan. Jerawat bisa dialami pada usia remaja maupun dewasa. Biasanya jerawat paling sering muncul di kulit wajah yang berminyak.

Sering kali jerawat membuat rasa kepercayaan diri seseorang menjadi menurun. Bahkan sebagian orang merasa stres karena jerawat di wajah tidak segera sembuh. Jerawat bisa membuat kulit terlihat kusam, sakit jika disentuh, tidak bisa menggunakan makeup, dan bekas jerawat membuat warna kulit jadi tidak rata.

Untuk menyembuhkan jerawat, Sahabat Fimela bisa menggunakan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan produk-produk dari bahan alami, maupun menggunakan skincare secara rutin. Agar kondisi jerawat tidak semakin parah, kamu harus menghindari penyebab jerawat. Berikut penyebab jerawatan yang harus dihindari:

Penyebab Jerawatan

1. Perubahan Hormon

Penyebab jerawatan yang pertama, yaitu jerawat disebabkan karena adanya perubahan hormon. Saat terjadi perubahan hormon, produksi minyak pada lapisan kulit akan semakin bertambah, dan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Perubahan hormon paling sering dialami perempuan pada saat haid, sedang hamil dan menjelang menopause.

2. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti gorengan atau junk food, bisa menyebabkan kandungan kolesterol jahat meningkat di dalam tubuh. Hal ini bisa membuat kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak, dan menjadi penyebab jerawatan. Untuk itu kurangilah mengonsumsi makanan berlemak.

3. Faktor Keturunan

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab jerawatan di wajah. Jika memiliki orangtua dengan jenis kulit wajah berminyak, biasanya akan memiliki anak dengan jenis kulit berminyak. Penyebab ini tidak dapat dihindari, tetapi bisa dicegah agar jerawat tidak muncul di wajah.

4. Salah Menggunakan Produk Makeup

Jerawat bisa muncul di wajah akibat terlalu sering menggunakan makeup. Ada beberapa kandungan makeup yang membuat kulit wajah semakin berminyak, sehingga memicu munculnya jerawat di wajah. Kalau kamu memiliki kulit berjerawat, sebaiknya gunakan makeup yang memiliki klaim hypoallergenic dan noncomedogenic, agar tidak menyebabkan jerawat atau komedo di wajah.

5. Mengonsumsi Obat-Obatan

Jerawat juga bisa muncul di wajah, jika sedang mengonsumsi obat-obatan seperti litium, kortikosteroid dan obat antikejang. Karena ada beberapa obat yang memiliki efek samping meningkatkan hormon, membuat kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Penyebab Jerawatan yang Selanjutnya

6. Sering Begadang

Terlalu sering begadang menghambat proses regenerasi kulit, dan membuat produksi kolagen melambat. Hal ini menyebabkan kulit wajah menjadi berjerawat, perubahan hormon tidak teratur, dan pikiran menjadi stres.

7. Jarang Berolahraga

Jarang berolahraga bisa menyebabkan jerawatan. Olahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar, dan keringat yang dikeluarkan bisa membersihkan pori-pori tersumbat. Untuk itu, jangan lupa berolahraga secara rutin, agar kulit wajah terbebas dari jerawat.

8. Penggunaan Produk Penata Rambut

Penggunaan produk penata rambut bisa memicu munculnya jerawat. Karena produk penata rambut berbasis minyak. Jika produk tersebut menetes ke wajah, maka produk itu akan menyumbat pori-pori, memunculkan komedo, dan keluar jerawat yang bernanah. Sebaiknya hindari penggunaan produk penata rambut hingga garis rambut, dan bersihkan produk yang menempel di dahi secepatnya.

9. Produk Pencukur Bulu

Bagi sebagian orang sering menggunakan produk pencukur bulu, untuk mencukur bulu di wajah. Produk pencukur rambut ini bersifat komedogenik, sehingga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan wajah jerawatan. Bahkan produk ini juga memicu ruam di kulit wajah.

10. Polusi Udara

Jerawat bisa muncul di wajah, karena sering berkendara atau melakukan traveling. Hal ini disebabkan karena kulit wajah terkena polusi udara, yang mengandung debu dan kotoran. Sebaiknya gunakan masker untuk menghindari paparan polusi udara, dan lakukan double cleansing untuk membersihkan wajah.

11. Terlalu Banyak Menggunakan Sunscreen

Walaupun kulit wajah membutuhkan sunscreen, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tetapi penggunaan sunscreen yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit wajah iritasi dan jerawatan. Agar terhindar dari jerawat, kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, atau octocylene.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat dapat diatasi dengan mudah, jika rutin melakukan perawatan wajah. Cara mengatasi jerawat bisa dilakukan menggunakan produk skincare yang mengandung bahan alami, seperti ekstrak lidah buaya, tea treechamomile, chalendula, dan centella asiatica.

Tentu saja hasilnya akan lebih maksimal, kalau dipadukan dengan skincare yang mengandung bahan aktif seperti niacinamide, hyaluroid acid, retinol, AHA, BHA, dan salycilic acid. Agar jerawat cepat hilang, rutinlah menggunakan skincare.

Skincare dapat digunakan mulai dari tahapan membersihkan wajah, gunakan toner, serum, dan pelembap. Sunscreen bisa digunakan untuk pagi dan siang hari. Di malam hari jangan lupa untuk menggunakan acne spot treatment.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading