Sukses

Health

7 Tips agar Tidak Mudah Mengantuk saat Bekerja

Fimela.com, Jakarta Walau sudah minum kopi, ternyata kita masih bisa mengantuk saat bekerja. Duduk terlalu lama di depan komputer adalah satu penyebabnya, terlebih energi yang terkuras selama bekerja membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk.

Selain tidur cukup, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk saat bekerja.

1. Jalan-jalan sebelum bekerja

Menghirup udara segar dan menggerakkan tubuh sebelum bekerja dapat membantumu tetap segar. Berjalan sangat efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah mengantuk, terutama jika dilakukan saat matahari terbit.

2. Jangan duduk terlalu lama

Duduk atau berdiri terlalu lama mudah sekali membuatmu merasa lelah dan mengantuk. Sehingga, tetap aktif dapat membantumu lebih rileks dan berpikir lebih jernih. Usahakan setiap 1-2 jam untuk beristirahat dan melakukan beberapa aktivitas seperti peregangan, jalan-jalan, atau sekadar menyengarkan mata.

3. Usahakan tempat kerja tetap cerah

Jika kamu bekerja di siang hari, biarkan tirai jendela tempat kerjamu terbuka dan biarkan sinar matahari masuk. Jika kamu bekerja saat gelap atau redup, nyalakan lampu untuk membantumu tetap terjaga. Ruangan yang kurang pencahayaan dapat membuat mengantuk lebih cepat.

4. Minum air putih

Banyak minum air saat bekerja akan jauh lebih sehat juga efektif untuk membuatmu tetap terjaga. Karena tubuhmu akan terhidrasi dengan baik sehingga membantumu lebih fokus saat bekerja.

5. Minum kafein

Kafein juga dianggap sebagai salah satu minuman yang membantu mengatasi rasa kantuk. Pastikan untuk mengkonsumsinya di pagi hari agar tidak menganggu waktu tidur pada malam harinya.

6. Mengunyah

Mengyunyah camilan atau permen karet juga dapat menghilangkan rasa kantuk. Mengunyah dapat membuat tubuh terus bergerak dan menstimulasi otot sehingga aliran darah akan lebih banyak ke kepala. Jadi, kamu dapat menghindari rasa kantuk juga lebih fokus.

7. Mencuci muka

Saat kamu mulai mengantuk saat bekerja, cuci muka dengan air dingin dan kamu akan kembali segar. Suhu air yang dingin akan membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari lelah berlebih.

Mengantuk saat bekerja sebenarnya bisa disebabkan olah faktor lain, misalnya kurang tidur, makanan yang tidak bergizi dan kurang olahraga. Jadi, agar tubuh tetap segar, selain melakukan beberapa cara di atas, kamu juga perlu memerhatikan pola tidur, mengonsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading