Sukses

Lifestyle

Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Tidak Cukup Berolahraga

Fimela.com, Jakarta Memiliki badan yang kurus, bukan berarti kamu dapat bermalas-malasan untuk berolahraga. Mungkin bagi beberapa orang, olahraga hanya dibutuhkan bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Olahraga tidak hanya membantu kamu membakar kalori untuk menurunkan berat badan.

Banyak efek baik yang akan kamu dapatkan ketika kamu rajin berolahraga bagi tubuh kamu. Tidak cukup berolahraga dapat memiliki dampak signifikan yang akan terjadi dalam tubuh kita di masa depan yang akan datang.

Melansir dari thelist.com, berikut adalah beberapa efek yang akan terjadi pada tubuh ketika kamu tidak meluangkan waktu untuk berolaharaga dengan cukup.

1. Menginginkan makanan yang tidak sehat

Banyak orang yang berolahraga secara teratur juga akan mengonsumsi makanan yang sehat. Nyatanya, orang yang lebih aktif dalam olahraga sebenarnya menginginkan makanan sehat. Ini disebut efek transfer dan mengacu pada efek di mana mempelajari keterampilan baru dan keinginan untuk memperbaiki pola hidup yang lebih sehat. Untuk kamu yang jarang olahraga, tubuh kamu akan lebih sering menginginkan mengonsumsi makanan makanan yang tidak sehat. Sebagai contoh, kamu akan lebih memilih memakan keripik kentang sambil menonton TV dibanding berolaharga.

Yang terjadi saat tubuh kurang olahraga

2. Tidak tidur dengan nyenyak

Jika kamu seseorang yang mengalami masalah tidur, mungkin ini dikarenakan kamu tidak cukup berolahraga. Olahraga teratur telah terbukti meningkatkan total waktu tidur dan membuat orang merasa lebih waspada dan cukup istirahat sepanjang hari. Ketika Anda tidak cukup berolahraga, manfaat tidur tidak begitu terlihat. Sementara satu hari latihan memang menghasilkan beberapa perbaikan kecil untuk tidur dibandingkan dengan kamu yang tidak berolahraga sama sekali.

3. Mudah lelah

Olahraga teratur akan meningkatkan kesehatan jantung, pembuluh darah serta kesehatan paru-paru yang mengarah pada peningkatan kapasitas latihan fungsional dan berkurangnya sesak napas pada orang sehat. Ini berarti tubuh kamu memiliki efisiensi yang lebih besar untuk menyerap oksigen, bahkan ketika tubuh kamu lelah. Tanpa olahraga teratur, tubuh Anda tidak seefisien menyerap oksigen ketika sedang dalam tekanan. Inilah sebabnya, ketika kamu jalan menaiki tangga akan terasa lelah dan nafas kamu akan terasa terengah-engah.

4. Metabolisme yang melambat

Seiring bertambahnya usia, metabolisme secara alami akan melambat. Salah satu cara yang bagus untuk mengimbangi perubahan metabolisme ini adalah melakukan lebih banyak olahraga, termasuk pelatihan kardiovaskular dan resistensi, seperti angkat beban. Di sisi lain, ketika kamu tidak mendapatkan cukup olahraga, tentunya kamu akan kehilangan otot seiring bertambahnya usia, persentase lemak tubuh meningkat, dan tentunya semakin memperlambat metabolisme tubuh.

Penulis: Zhafira Majdina

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading