Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Rasa Bersalah

Fimela.com, Jakarta Rasa bersalah bisa dialami siapa saja. Rasa bersalah ini bisa pada diri sendiri atau orang lain. Sebagai manusia, tentu kita tidak luput dari kesalahan, karena kita tidak bisa selamanya membahagikan semua orang bahkan kita tidak bisa menjamin bahwa kita akan selalu membahagiaka diri kita sendiri.

Jika kamu merasa bersalah baik pada diri sendiri atau orang lain, lakukan hal berikut ini untuk mengatasinya.

1. Akui rasa bersalah yang kamu rasakan

Saat kita merasa bersalah, kita terkadang memungkiri perasaan kita sendiri dan berharap bisa melupakannya. Justru jika kita menyangkalnya, perasaan bersalah akan semakin dalam kita rasakan. Jadi, akui perasan yang sedang kamu rasakan dengan begitu kamu akan lebih mudah berdamai dengannya.

2. Mencari sudut pandang yang berbeda

Ketika pikiran terus menerus terkungkung dalam rasa bersalah, coba berpikir dengan berbeda. Cari cara agar kamu tetap bisa berpikir realistis, dan melihat semuanya dari sisi positif. Mungkin dengan kesalahan yang kamu perbuat kamu jadi lebih berhati-hati dan lebih baik ke depannya.

3. Memaafkan diri sendiri

Mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Dengan memaafkan dirimu sendiri, kamu akan memberikan dirimu kesempatan untuk memperbaiki diri dan bertanggung jawab sepenuhnya. Ini juga akan membuatmu lebih mudah menghapus penyesalan.

4. Minta maaf pada orang yang telah kamu sakiti

Jika kamu melakukan kesalahan pada diri sendiri, maka maafkanlah dirimu. Namun jika kamu merasa bersalah karena telah menyakiti orang lain, segeralah minta maaf pada orang tersebut. Selain membuat perasaanmu jadi tenang, itu juga akan membantumu memperbaiki hubungan.

5. Lihat hal baik dari dirimu

Jangan karena satu kesalahan yang kamu perbuat, membuatmu merasa bahwa kamu adalah orang yang buruk. Ini tentu saja tidak adil bagi dirimu. Yang kamu perlu ingat, semua orang pernah melakukan kesalahan, tapi seburuk apapun dirimu, kamu pasti memiliki hal baik yang pernah kamu lakukan. Dengan meyakini bahwa kamu adalah orang baik, itu juga akan membuat perasaanmu lebih baik.

Melakukan kesalahan dan rasa bersalah itu adalah hal yang wajar, tapi jangan terlalu berlarut atau bersedih karena satu kesalahan yang kamu perbuat. Karena kita selalu punya kesempatan untuk memperbaiki diri atau keadaan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading