Sukses

Lifestyle

5 Cara Jernihkan Pikiran saat Sedang Banyak Masalah

Fimela.com, Jakarta Saat sedang banyak masalah, pikiran rasanya tak karuan. Ketika belum menemukan jalan keluar dari persoalan yang dihadapi, otak kita rasanya penuh dengan berbagai hal. Hal ini pun membuat kita jadi kesulitan menjalani rutinitas dengan baik.

Walau belum menemukan solusi terbaik dari masalah yang ada, kita bisa berusaha untuk menjernihkan pikiran agar tidak stres berlebihan. Selain itu, biasanya saat pikiran sudah lebih jernih, kita bisa lebih bijak menghadapi persoalan yang ada. Berikut ini ada lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk bantu jernihkan pikiran ketika sedang ada banyak masalah.

 

 

1. Memandangi Hal-Hal yang Ada di Sekitar

Memandangi sesuatu bisa bantu jernihkan pikiran. Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum. Dengan cara ini, kita akan menemukan kedamaian serta pikiran jadi lebih jernih karena menyadari bahwa dunia masih memiliki kedamaian.

 

 

2. Menggerakkan Tubuh

Melansir laman Helpguide.org, kalau kamu cenderung menyendiri saat stres atau mengalami trauma, aktivitas pereda stres yang membuatmu menggerakkan tubuh bisa sangat membantu. Jalan kaki, lari, menari, berjoget, merenggangkan tubuh, atau sekadar melakukan gerakan yoga sederhana bisa bantu redakan ketegangan yang kamu rasa. Pikiran pun bisa makin jernih dengan cara ini.

 

 

3. Membuat Sesuatu untuk Diri Sendiri

Membuat masakan untuk dinikmati sendiri, menulis kegiatan sendiri di buku harian, atau membuat karya yang sesuai dengan suara hati bisa dilakukan untuk hadirkan hati yang lebih tenang. Pikiran pun bisa lebih jernih saat menyadari bahwa sebenarnya kita masih menyayangi diri dengan baik. Hal-hal baik yang kita lakukan untuk diri sendiri pun bisa menghadirkan kekuatan untuk bertahan di masa sulit.

 

 

4. Mencari Teman Bercerita

Kadang yang kita butuhkan untuk kembali tenang adalah berbagi cerita. Bisa didengarkan dan diperhatikan oleh seseorang membuat perasan bisa lebih baik. Untuk menjernihkan pikiran, kadang kita juga butuh sudut pandang baru dan berbeda dari orang lain. Mendapat gambaran yang lebih luas soal persoalan yang sedang dihadapi bisa bantu tenangkan diri.

 

 

5. Mengerjakan Sesuatu yang Memberi Kepuasan

Lakukan sesuatu yang bisa menghadirkan perasaan puas. Membersihkan rumah, merapikan rak buku, atau sekadar menata ulang isi lemari, kepuasan yang hadir karena telah menuntaskan sesuatu biasanya bisa membuat pikiran jadi lebih jernih. Kadang kita hanya butuh jeda sejenak untuk melakukan sesuatu yang sederhana lebih dulu untuk mengurai rasa penat dan jenuh di kepala.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu jernihkan pikiran saat sedang ada banyak masalah. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading