Wah, Ternyata Makan Mangga Itu Sehat

Fimela diperbarui 10 Agu 2012, 09:00 WIB

Disebut sebagai rajanya buah, mangga ternyata memang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi dalam buah mangga ini baik untuk kulit, jantung, penuaan dini, dan penyakit kanker.

Adalah kandungan antioksidan dalam buah mangga, yang dikenal mampu membantu memerangi radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh. Selain itu, mangga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan, mengandung vitamin A, Beta karoten, Folat, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan protein. Dengan banyaknya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, tak ada alasan lain untuk menolak mengonsumsi buah mangga.

Berikut adalah beberapa fakta sehat mangga, simak yuk ladies:

Fakta Mangga: kaya akan zat besi, mangga baik untuk ibu yang sedang hamil lho. Zat besinya akan membantu mengatasi anemia. Namun, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar kehamilan Anda tetap sehat.

Fakta Mangga: baik untuk kulit, Anda juga bisa memakai masker mangga. Manfaatnya, dapat membuat kulit lebih halus, lembut, kenyal serta menyamarkan pori.

Fakta Mangga: mengonsumsi buah tropis yang satu ini membantu melancarkan pencernaan. Coba saja mengonsumsi mangga saat susah buang air besar.

Fakta Mangga: tinggi potassium, mangga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dan kandungan pectinnya baik untuk mengatasi kolesterol jahat di dalam darah.

Fakta Mangga: bagi Anda yang ingin diet, mangga bisa menjadi salah satu buah pelengkap diet. Tetapi hati-hati juga, karena kandungan kalori mangga cukup tinggi. Jadi cukup konsumsi satu buah mangga saja dalam sehari.

Fakta Mangga: menurut beberapa penelitian, seperti dikutip dari timesofindia, mangga dapat mengurangi resiko gagal ginjal.

Fakta Mangga: dalam pengobatan China, mangga justru bermanfaat sekali untuk kesehatan, dan dijadikan obat. Mangga dapat mengobati anemia, gusi berdarah, batuk, demam, dan mual.

Fakta Mangga: kandungan protein di dalam mangga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan ingatan. Ketimbang mengonsumsi snack yang kaya bahan pengawet, gantikan snack Anda dengan potongan buah mangga.

Tidak ragu lagi memasukkan mangga dalam daftar belanjaan Anda, kan?

(vem/bee)