Ayo Cari Tahu Tentang Tahapan-Tahapan Tidur Ladies!

Fimela diperbarui 26 Sep 2014, 16:10 WIB

Tidur adalah cara untuk mendapatkan kembali energi yang telah hilang setelah beraktivitas. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya tidur adalah sebuah proses yang sangat kompleks dan memiliki banyak tahapan?

Sepanjang malam Anda akan mengikuti pola tidur yang terdiri dari 5 tahap. kelima tahap ini akan membentuk suatu siklus. Setiap siklus berlangsung sekitar 90 menit. Ayo cari tahu seperti apa tahapannya seperti yang telah dilansir oleh healthmeup.com berikut ini yuk Ladies.

Tahap 1: Jatuh Tidur

Tahap ini merupakan transisi untuk tertidur dan biasanya berlangsung selama 5-10 menit. Mata Anda tertutup selama tahap ini, tetapi gangguan sedikit pun bisa membangunkan Anda dan Anda akan merasa seperti Anda tidak benar-benar tertidur. Selama tahap ini Anda masih bisa merasakan otot-otot Anda.

Tahap 2: Tidur Ringan

Tahap kedua ini berlangsung selama 20 menit. Selama tahap ini mata Anda tidak bergerak. Ada penurunan denyut jantung dan juga suhu tubuh. Otot pun akan segera rileks dan Anda akan segera tertidur nyenyak.

Tahap 3 dan 4: Tidur Nyenyak

Ini adalah tahap tidur nyenyak, selama tahap ini aktivitas otak Anda sangat lambat karena darah Anda telah pindah dari otak menuju tubuh. Ini akan memperbaiki dan mengembalikan semua kinerja otak dan tubuh. Jika Anda tiba-tiba dibangunkan saat sedang tidur maka Anda akan mengalami kebingungan dan tidak bisa berkonsentrasi penuh.

Tahap 5: Tidur REM

Anda akan bermimpi sepanjang tahap ini. Mata Anda akan bergerak dengan cepat. Pernapasan Anda jadi lebih pendek, denyut jantung pun akan meningkat.

Wah, sekarang Anda sudah mengerti tahapan-tahapan dalam tidur yang setiap malam Anda jalani kan? Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda ya Ladies.  





(vem/ivy)