Karena Kamu Begitu Berharga

Fimela pada 05 Des 2014, 10:01 WIB

Ladies, salah satu aspek diri manusia yang seringkali menjadi sumber dari berbagai masalah adalah self-esteem atau harga diri. Self-esteem adalah cara Anda menilai kemampuan dan potensi diri yang tercermin dari sikap dan perilaku Anda dalam menghargai diri sendiri dan juga orang lain.

Orang dengan self-esteem yang rendah cenderung merasa minder dan insecure karena merasa dirinya tidak memiliki suatu hal yang tidak bisa dibanggakan. Biasanya mereka memiliki sifat ketergantungan terhadap orang lain karena pengakuan dirinya datang dari pihak luar, bukan dari dirinya sendiri. Sedangkan seseorang dengan self-esteem yang tinggi cenderung lebih percaya diri dan memiliki keyakinan akan kemampuan dan kelebihan dirinya tanpa perlu pengakuan dari siapapun.

Jadi Ladies, apakah Anda termasuk seseorang dengan self-esteem rendah atau tinggi? Nah, berikut ini beberapa gejala seseorang yang memiliki self-esteem rendah.

Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau

Seseorang dengan self-esteem yang rendah akan selalu fokus pada kekurangan dirinya sendiri. Ia akan menganggap bahwa orang lain selalu memiliki sesuatu yang lebih baik darinya. Karena terlalu merasa memiliki banyak kekurangan, mereka akan cenderung untuk berusaha menjadi yang terbaik namun dengan standar orang lain. Akibatnya jika ia tidak berhasil mencapai standar tersebut, ia akan menyalahkan dirinya sendiri atau orang lain.

Hypersensitive

Jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang diharapkanya, seseorang dengan self-esteem yang rendah akan merasa bahwa hal tersebut terjadi karena kesalahan dirinya. Mereka menjadi sangat sensitif dan menganggap dirinya tidak berguna.

Nobody Loves Me

Hal inilah yang seringkali membuat seseorang dengan self-esteem rendah mereasa sengsara. Mereka tidak pernah merasa benar-benar dicintai oleh pasangannya karena menganggap dirinya tidak lebih menarik dari orang lain pada umumnya. Mereka merasa pasangannya bisa kapanpun berpaling kepada orang lain.

Defensive

Ketakutan akan kritikan dan judgement membuat seseorang menjadi sangat defensif bahkan untuk hal-hal kecil sekalipun. Itulah mengapa terkadang orang dengan self-esteem yang rendah menjadi mudah marah dan argumentatif jika ide atau pilihannya tidak disetujui oleh orang lain.

Pendiam dan Pasif

Gaya komunikasi seseorang dengan self-esteem rendah cenderung pasif. Itulah mengapa terkadang sulit mengajak mereka berdiskusi karena mereka tidak terbiasa mengemukakan pendapatnya. Mereka cenderung menanggapi perkataan orang lain dari sisi perasaan, bukan logika.

Ladies, jika Anda ternyata termasuk seseorang dengan low self-esteem, Anda harus waspadaa! Anda tentu tidak mau menjadi orang yang keseian dan dijauhi gara-gara sifat buruk Anda, bukan? Mulailah menerima dan mencintai diri sendiri sehingga Anda sadar bahwa Anda itu PENTING!

Anda tidak butuh orang lain untuk membuktikannya. Jika Anda sudah berhasi mencintai diri sendiri apa adanya dengan sendirinya Anda akan bisa menghargai orang lain.

Having high self-esteem is the new sexy!

(vem/setipe.com/tey)
What's On Fimela

Tag Terkait