Beberapa Tips untuk Menjaga Kesehatan Anak Anda

Fimela diperbarui 15 Jul 2013, 14:39 WIB

Kesehatan adalah salah satu faktor yang paling penting dalam hidup seseorang. Akan tetapi, terdapat satu faktor yang lebih penting. Faktor tersebut adalah kesehatan anak-anak mereka.    

Kesehatan anak-anak anda perlu anda perhatikan dengan seksama. Hal ini karena daya tahan tubuh anak-anak masih belum sekuat orang-orang dewasa. Mereka lebih rentan terkena penyakit yang bisa berakibat buruk pada anak-anak.

Untuk menghindari datangnya penyakit yang berbahaya tersebut, pediatrics.about.com mempunyai beberapa tips berguna untuk menjaga kesehatan anak-anak yang mungkin para orang tua dapat terapkan.

Tips pertama adalah dengan memperhatikan lingkungan tempat anak-anak tinggal dan juga bermain. Lingkungan tempat anak-anak tumbuh ini harus dipastikan aman agar mereka tidak terhinggapi penyakit dari tempat-tempat tersebut.

Tips kedua adalah dengan memperhatikan makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak-anak anda. Biasakan untuk memberi mereka makanan-makanan yang sehat. Jika memungkinkan, anda bisa membuatkan bekal untuk anak-anak bawa pada saat mereka ke sekolah atau bermain agar asupan makanan mereka terjaga.

Tips yang ketiga adalah biasakan mereka untuk menggosok gigi paling tidak 2 kali sehari. Kebiasaan menggosok gigi ini bisa dipraktikkan setiap pagi setelah sarapan, dan malam hari sebelum tidur. Anda harus memberitahu anak-anak anda pentingnya menggosok gigi dengan teratur.

Tips yang keempat adalah anda harus membiasakan anak-anak anda mencuci tangan setiap kali setelah mereka bermain, dari kamar mandi dan sebelum makan. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini harus diakrabkan mulai dari mereka kecil agar mereka terbiasa hidup sehat.

Oleh    : Meilia Hardianti

   

(vem/sfg)