Sukses

Health

5 Tips Diet dengan Mengonsumsi Makanan Sehat, Tak Perlu Takut Sakit!

Fimela.com, Jakarta Diet seringkali dianggap sebagai sesuatu yang menyiksa dan bisa jatuh sakit, tapi sebenarnya, kamu tak perlu seperti itu. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk diet namun dengan cara yang sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan tepat, kamu bisa merasakan manfaatnya tak hanya secara fisik, tapi juga mental dan emosional.

Penasaran apa saja? Mari eksplor 5 tips diet dengan mengonsumsi makanan sehat di bawah ini, yang telah dilansir dari lifehack.org.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna di dalam lambung, sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama. Protein juga rendah kalori, sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam setiap hidangan.

Ada beberapa contoh protein rendah lemak yang dapat kamu konsumsi, seperti ayam, kalkun, ikan putih, kacang-kacangan, kacang lentil, dan produk susu rendah lemak atau bebas lemak. Protein merupakan bahan dasar pembentuk ototmu dan membantu membentuk struktur lain dalam tubuhmu, seperti kulit dan membran sel.

Konsumsi Serat

Seseorang bisa mengalami penumpukan zat di dalam usus yang tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi juga bisa memicu kanker usus dan masalah kesehatan lainnya yang serius. Nah, penting buat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung serat, begitu juga saat diet.

Manfaat dari mengonsumsi serat yaitu untuk menjaga saluran pencernaan tetap lancar, ibaratnya serat ini adalah sikat pembersih untuk ususmu. Serat juga membantu mengatur kadar gula darahmu. 

Batasi Konsumsi Gula Tambahan

Banyak makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gula tambahan yang tinggi. Gula tambahan ini biasa ditemukan dalam makanan manis seperti permen, kue, atau minuman bersoda.

Terlalu banyak mengonsumsi gula tambahan dapat menyebabkan kelebihan berat badan, dan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah pencernaan. 

Sebagai gantinya, cobalah untuk memilih makanan yang alami manis, seperti buah-buahan segar, untuk memenuhi keinginan manismu. Tak hanya lebih sehat karena mengandung serat dan nutrisi, tapi juga membantu menghindari lonjakan gula darah yang tak sehat.

Kurangi Konsumsi Asam Lemak Jenuh

Mengurangi konsumsi asam lemak jenuh dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko obesitas. Hal ini karena lemak jenuh cenderung memiliki lebih banyak kalori daripada lemak lainnya.

Untuk membantu mengurangi asupan asam lemak jenuh, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, seperti mengurangi konsumsi makanan olahan, daging berlemak, produk susu tinggi lemak, dan minyak kelapa serta minyak sawit. 

Lebih Baik Pilih Masakan Rumahan

Ada begitu banyak pilihan makanan sehat yang bisa kamu coba sendiri di rumah, untuk mengurangi kalori dan meningkatkan asupan nutrisi penting. Contohnya menggunakan susu kental manis sebagai pengganti krim kental dalam resep, kembang kol sebagai pengganti nasi untuk pilihan rendah karbohidrat (jika kamu suka), atau semprotan cepat minyak zaitun untuk mempersiapkan wajan daripada satu potong mentega.

Mungkin salah satu hal terbaik dari memasak di rumah adalah kamu memiliki kemampuan untuk mengubah resep sesuai selera kamu, dan kamu bisa menghemat budget setiap bulannya dengan perencanaan yang tepat. Nah, itu dia lima tips diet yang bisa kamu coba dengan mengonsumsi makanan sehat. Selamat mencoba dan tetap jaga kesehatan, ya!

Nama: Arninda Oktaviani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading