Sukses

Health

5 Jenis Makanan yang Bisa Menahan Nafsu Makan, Cocok untuk Diet

Fimela.com, Jakarta Salah satu tantangan saat sedang diet adalah mengontrol nafsu makan. Terkadang saat diet, makan akan dikurangi dan dikontrol.  Tapi kebiasaan selera makan yang besar dapat menjadi tantangan tersendiri saat sedang diet.

Jangan biarkan diet gagal karena selalu tergoda dengan nafsu makan yang sulit dikontrol. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis makanan yang perlu dikonsumsi agar mampu menahan nafsu makan yang besar. Dilansir dari laman healthline.com, inilah 5 jenis makanan yang mampu menahan nafsu makan:

1. Makanan Berprotein

Bukan rahasia lagi bahwa mengonsumsi protein yang cukup mampu menahan nafsu makan. Protein akan sangat membantu Sahabat Fimela juga untuk mengurangi porsi makan saat diet karena protein mampu meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Contoh makanan yang direkomendasikan adalah daging, ikan, telur, tahu, dan lain sebagainya.

2. Makanan yang Kaya akan Serat

Sayur dan buah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menahan selera makan. Konsumsi serat dapat memperlambat percernaan dan berpengah pada peningkatkan waktu rasa kenyang dan mengatur nafsu makan. Selain itu, sayur dan buah juga memilki nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh, speerti vitamin, mineral, dan antioksidan.

3. Makanan Bertekstur Padat

Makanan yang berbentuk padat lebih mampu mengurangi rasa lapar daripada makanan dalam bentuk cair. Makanan padat perlu dikunyah banyak daripada makanan cair. Durasi kunyahan yang lebih lama akan membuat perasaan lebih puas dan membuat diri merasa kenyang lebih lama. Konsumsi makanan dengan tekstur yang lebih kompleks akan membuatmu makan lebih sedikit secara keseluruhan

4. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menahan rasa lapar. Kacang-kacangan seperti kacang polong atau buncis dapat meningkatakan kenyang sebesar 31%. Selain itu, konsumsi biji-bijian juga akan menambah energi. Sehingga mengurangi kemungkinan rasa lapar dalam waktu lama. 

5. Jahe

Jahe dikenal kaya akan antioksidan. Senyawa gingerol dan shogaol yang dimiliki jahe efektif untuk membuat hormon kenyang lebih lama. Sehingga mampu mengurangi nafsu makan yang besar. Selain itu, konsumsi jahe pada jumlah yang tepat dapat menenangkan perut. Sehingga membantu mengurangi rasa lapar.

Nah, sekarang Sahabat Fimela telah mengetahui jenis makanan yang efektif untuk menahan rasa lapar. Perlu diingat saat diet juga perlu rutin olahraga dan minum air putih secukupnya. Semoga infromasi ini bermanfaat ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading