3 Tips Supaya Hidup Lebih Teratur

Fimela Reporter diperbarui 14 Mar 2022, 15:15 WIB

Fimela.com, Jakarta Setiap orang akan menginginkan hidup yang nyaman dan lebih terarah. Tak sedikit pula orang yang menginginkan hidupnya lebih teratur sehingga dapat hidup lebih sehat dan bahagia. Hal ini dikarenakan dengan kehidupan yang teratur dan pembagian waktu yang tepat akan menyebabkan gaya hidup yang lebih sehat pula. Hidup yang teratur dapat membuat kamu tidak mengalami burn out atau kelelahan berlebih saat bekerja yang berefek pada kelelahan mental, pikiran, bahkan hingga fisik. 

Contohnya adalah dengan hidup teratur, kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu lebih awal sehingga kamu juga dapat beristirahat lebih awal. Kamu juga dapat mengatur pola makan karena porsi jam kerja dan jam istirahat yang lebih teratur. Hidup yang teratur juga dapat memperbaiki komunikasimu dengan orang terkasihmu karena kamu dapat mengatur waktu luang untuk bertemu dan mengobrol dengan mereka.

Dengan hidup yang teratur, kamu dapat lebih bahagia karena nantinya akan banyak waktu untuk berkomunikasi dengan orang terkasih, berolahraga, dan bahkan liburan. Oleh karena itu, untuk hidup lebih sehat dan lebih bahagia, kamu dapat mencoba beberapa tips ini untuk memulai mengatur kehidupan sehari-harimu.

2 dari 2 halaman

Membuat skala prioritas

ilustrasi perempuan bahagia/Twinsterphoto/Shutterstock

Untuk membuat hidupmu lebih terarah dan teratur, kamu dapat memulai dengan membuat list skala prioritas yang perlu kamu lakukan. dalam membuatnya kamu dapat mengurutkan dari mana yang paling penting untuk dilakukan hingga yang dapat dilakukan nanti. Contohnya jika kamu seorang mahasiswa, kamu dapat membuat skala prioritas seperti yang pertama adalah beribadah, kedua berkomunikasi dengan orang tua, ketiga belajar dan mengerjakan tugas, keempat berorganisasi, dan selanjutnya. Dengan membuat skala prioritas diharapkan kamu dapat mengatur waktu secara lebih bijaksana dan mengetahui gol mu yang paling utama. 

Mengatur jadwal sehari-hari

Merencanakan jadwal atau kegiatan sehari hari dengan jam yang tepat dapat membuatmu menjalani hidup secara lebih teratur dan disiplin. Usahakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan atau tanggung jawabmu dengan hal-hal yang sebenarnya dapat kamu lakukan setelah mengerjakan tanggung jawabmu. Jangan lupa masukkan istirahat, makan, serta tidur dalam jadwal sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh. Akan lebih baik lagi jika ditambah dengan olahraga dan makanan yang bergizi.

Menulis jurnal

Menulis jurnal atau membuat diary dapat mencurahkan isi pikiran dan impianmu tanpa perlu takut untuk di judge ataupun dilihat orang lain. Dengan menulis diary, kamu juga akan mengetahui jadwal mu sehari-hari, prioritasmu, impianmu, dan juga sebagai bagian dari evaluasi diri. Dengan menulis jurnal, kamu dapat merasa lebih lega dan sebagai ajang refreshing di rumah dengan menambahkan ornamen ornamen lucu dalam jurnalmu.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa