Sukses

Beauty

5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Wajah Cepat Tua

Fimela.com, Jakarta Memiliki kebiasaan memang berawal karena kamu terlalu sering melakukannya, jadi hal tersebut menjadi candu bagi kamu. Apalagi kebiasaan tersebut dinilai kurang baik dan berdampak negatif.

Kebiasaan buruk tersebut bila terus dijalani akan berakibat tidak bagi lho bagi kamu, apalagi kebiasaan buruk ini bisa menjadikan wajah kamu terlihat lebih tua. Seperti yang dikutip dari kesehatantubuh-tips, ada 5 kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin wajah cepat tua. Apa saja?

1. Terlalu banyak terkena sinar matahari. Sinar matahari bagus, terutama ketika pagi hari (jam 7-9 pagi), adapun sinar matahari diatas jam 09.00 perlu dihindari karena dapat membakar kulit dan membuat kulit keriput, terutama jika terlalu lama berada langsung di bawah sinar matahari.

Terlalu banyak kulit terkena sinar matahari menimbulkan munculnya garis-garis halus, yang lama kelamaan garis halus tersebut menjadi lebih tajam bentuknya, karena hal ini terbentuklah keriput.

Ilustrasi kulit wajah sehabis terkena sinar matahari. (via: vicare.vn)

2. Kebiasaan merokok. Bukan sebuah hal yang samar lagi bahwa merokok sangatlah buruk bagi kesehatan tubuh, buruknya rokok juga ternyata dapat merusak penampilan seseorang. Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli bahwa selain merokok dapat memperpendek umur hidup, rokok juga membuat seseorang terkena resiko penyakit jantung dan paru-paru yang sangat tinggi.

Selain itu, ternyata merokok juga dapat berakibat aktifnya enzim yang dapat memecah elastisitas kulit. Dan walaupun seseorang yang bukan perokok berat, maka juga tetap mendapatkan efek buruknya berupa kerutan halus serta kulit yang pucat, karena disebabkan aktifitas merokok tersebut.

Ilustrasi Foto Stop atau Berhenti Merokok (iStockphoto)

3. Terlalu sering menggunakan pemanas dan pendingin ruangan. Pemanas maupun pendingin ruangan yang umum digunakan oleh banyak orang ternyata dapat membuat kulit kering, sehingga akan menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini, serta rentan terkena kerutan sebelum waktunya.

Untuk itu, disarankan ketika menggunakan pemanas maka gunakan secukupnya, dengan kecilkan tingkat pemanas ruangan. Kemudian jangan lupa untuk menyimpan segelas air di dalam ruangan yang bermanfaat untuk membantu menambah kelembapan udara dengan mengkonsumsi air yang cukup.

Ilustrasi mengatur Air Conditioner | Via: abc.news.go.com

4. Jarang mengkonsumsi buah dan sayuran. Ketika tubuh semakin tua, maka tubuh hanya akan membutuhkan kalori lebih sedikit. Agar ketika pada masa penuaan tetap dalam keadaan sehat dan mengurangi kulit keriput, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berkalori dari sumber yang bergizi.

Sumber yang terbaik yaitu buah-buahan dan juga sayuran berwarna. Dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup maka sangat bermanfaat untuk kesehatan dan mencegah cepat tua. Demikian sebaliknya juga, ketika malas atau jarang mengkonsumsi sayuran maka sangat beresiko untuk membuat cepat tua pada seseorang.

orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran memiliki keingintahuan dan kreativitas yang tinggi serta mampu bersikap positif.

5. Menggunakan produk kosmetik tidak tepat. Hal ini dapat menimbulkan keriput. Sekarang, produk kosmetik murah sangat menjamur dipasaran. Produk kosmetik dengan harga murah biasanya memiliki kandungan yang tidak baik bahkan berbahaya bagi kulit.

Manfaat yang diberikan memang terbukti ampuh, tetapi jika berhenti memakainya menyebabkan kulit berubah seperti semula. Masalah seperti ini banyak terjadi pada krim pemutih kulit, yang jika digunakan dalam jangka waktu lama, menyebabkan kulit keriput, timbul bintik hitam, hingga penyakit kanker.

Sehingga, penting untuk jeli dalam menggunakan produk kosmetik yang aman bagi kesehatan, dan juga tentunya ampuh untuk keindahan kulit.

Ilustrasi Kosmetik

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading