Sukses

Beauty

The Power of Mushrooms: Mulai dari Kesehatan Hingga Kecantikan

Jakarta Nama dari berbagai jenis jamur yang ada mungkin bikin kamu mengerutkan kening, Fimelova. Sebut saja di antaranya adalah chaga, maitake, white-capped enoki, lion’s mane, dan lainnya. Tapi, di balik itu, selama berabad-abad ternyata jamur sudah menjadi bahan berharga di dunia pengobatan di negara Timur karena manfaatnya yang bisa menangkal radikal bebas, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagai antiperadangan.

Nggak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuhmu, jamur juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Brand beauty sekelas Jurlique, misalnya. Majalah Vogue melansir bahwa mereka menggunakan jamur untuk produk Nutri-Define yang dimilikinya. L.A facialist Kate Somerville juga menambahkan jamur shitake ke sunscreen Daily Deflector-nya. Tidak berhenti di situ, produk Vitamin C Intensive Day Cream yang dimiliki oleh Kat Burki pun memakai jamur reishi, yang dikenal sebagai jamur ‘keabadian’ di negeri Tiongkok.

Kepada majalah Vogue, Andrew Weil, M.D., director dari Arizona Center for Integrative Medicine, yang bekerjasama dengan Origins untuk produk Mega-Mushroom skin-care, mengatakan bahwa ia menambahkan tiga jenis jamur ke formulanya, yaitu reishi, chaga (untuk anti iritasi), dan cordyceps, jenis jamur berbentuk memanjang dan ramping, yang dipercaya bisa membantu menumbuhkan sel-sel tertentu untuk mentransfer energi ke seluruh tubuh.

Sementara itu, Four Sigma Foods, sebuah perusahaan makanan yang sangat besar, fokus menggunakan jamur dalam setiap produknya. Mereka bahkan membuat bubuk single-varietal (jamur lion’s mane instan dan jamur maitake instan) yang didesain untuk bisa ditaburkan di atas minuman seperti smoothies, diseduh dengan teh, atau dicampur dengan kopi. “Tubuh yang sehat adalah tubuh yang aktif dan terlihat ‘glowing’,” ungkap Tero Isokauppila, Sang Co-founder, tentang kecantikan luar-dalam, kepada majalah Vogue.

Masih dilansir oleh Vogue, Constantin Bisanz, entrepreneur Austria di balik kesuksesan perusahaan kesehatan Aloha, yang juga merupakan champion kite-surfer, pun setuju. Ia biasa mengonsumsi makanan yang sehat, jamur enoki yang dihancurkan, oyster, dan vitamin D yang mengandung jamur king trumpet dan spirulina (dietary supplement), bayam, blueberry Alaska, dan jahe Hawaii. Teman Bisanz, Richard Branson, bahkan menambahkan olahan jamur ke dalam Bushwacker cocktails yang ia sajikan untuk para tamunya di Necker Island.

 

Sumber: Vogue

Loading
Artikel Selanjutnya
Millie Bobby Brown Rilis Makeup dan Skincare untuk Remaja
Artikel Selanjutnya
Memahami Lebih Jauh Seputar Kerutan Wajah