Sukses

Beauty

Love Your Friends! Punya Banyak Teman Bikin Panjang Umur

Ada orang yang bilang bahwa punya teman akan membuat hidup lebih berwarna dan bahagia. Hal itu benar dan sudah dibuktikan oleh banyak penelitian. Apalagi bagi wanita, memiliki teman dan sahabat sama pentingnya dengan memiliki pasangan hidup. Kabar baiknya, sahabat-sahabat Anda ini bisa menjadi pil sehat yang bisa membuat umur Anda lebih panjang.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University dan University of North Carolina menunjukkan bahwa rasa kesepian dapat membuat seseorang meninggal lebih cepat. Hasil penelitian tersebut diumumkan setelah melibatkan penelitian pada pria dan wanita segala umur, terlepas dari bagaimana kondisi kesehatan mereka.

“Seseorang yang memiliki hubungan sosial yang positif dan mendapat dukungan dari orang lain memiliki tingkat tekanan darah, kolesterol dan hormon stres yang lebih rendah,” ujar Teresa Ellen Seeman, seorang profesor dari UCLA School of Public Health

Sementara itu penelitian lain yang diadakan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang memiliki kehidupan sosial yang baik berumur lebih panjang. Rata-rata usia mereka lebih panjang 3,7 tahun dibandingkan mereka yang kesepian dan tidak memiliki teman.

“Teman dan orang yang ada di dekat Anda bisa membuat hidup terasa lebih ringan dan bebas stres setiap hari,” ujar Bert Uchino, salah satu profesor yang terlibat dalam penelitian tersebut. “Mereka juga menjadi orang yang akan mendorong Anda untuk olahraga, memaksa ke dokter dan menjaga kesehatan lebih baik,” lanjutnya.

Hebat bukan? Karena itu, jangan abaikan kehadiran teman-teman Anda. Jika lama tidak ada kabar dari mereka, hubungi mereka dan tetap jalin pertemanan yang bahagia bersama mereka.

(vem/yel)
Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Tambah Pintar dan Tidak Pikun? Madu Jawabannya
Artikel Selanjutnya
Cengkeh, Si Bahan Dapur Mungil Banyak Manfaat