Sukses

Beauty

8 Kejadian Mengejutkan Akibat Kebanyakan Ngegame

Main game adalah salah stau pelepas stres dan aktivitas yang bisa menyenangkan hati. Namun kalau berlebihan tak jarang sih bikin makin depresi.

Termasuk bisa bikin kita mengalami cedera atau masalah kesehatan. Dilansir dari Oddee, ada banyak sekali kisah nyata tentang kondisi fisik mengejutkan akibat kebanyakan ngegame.

Kalau pacar Anda suka ngegame atau bahkan Anda sendiri, coba deh baca yang ini dulu. Mungkin bisa sedikit mengerem kebiasaan ngegame yang berlebihan.

(vem/gil)

Playstation Thumb

Kalau belajar main gitar bisa membuat jempol kita kapalan, hal itu tak akan memberikan efek yang buruk selain kita makin pintar main gitar itu sendiri. Namun kalau kebanyakan nge game, Anda mungkin bisa mengalami Playstation Thumb.

Kondisi ini terjadi karena jempol terlalu banyak digunakan untuk memencet console. Gejalanya adalah mulai mati rasa, kesemutan dan jempol besar. Perlu beberapa minggu lho untuk menyembuhkan penyakit ini.

Nintendonitis, Wiiitis, dan X-boxitis

Anda pernah mendengar istilah penyakit Arthritis? Penyakit dengan istilah seperti ini biasanya terjadi di seputar tulang. Kini ada juga yang namanya Nintendonitis, Wiiitis dan X-boxitis.

Penyakit ini terjadi pada tendon tangan dan pergelangan tangan. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak main Wii Sports atau permainan lainnya dalam waktu yang lama. Hal ini juga bisa terjadi kalau kita kebanyakan main game di tempat yang sempit.

Kejang

Ternyata main game juga bisa membuat Anda mengalami kejang. Memang terbilang jarang, namun bisa membuat Anda mengalami sebuah pengalaman epilepsi.

Photosensitive epilepsy bisa terjadi karena berlama-lama melihat layar monitor. Kita tak tahan melihat pola-pola yang terus bergerak, cahaya, warna dan animasi yang terjadi.

Kecanduan

Ini nih yang berbahaya. Kecanduan game bisa membuat Anda lupa pada segalanya. Pada beberapa kasus, kecanduan game atau main game berlebihan dalam jangka waktu lama, menyebabkan seseorang mengalami kematian.

Beberapa dampak kecanduan adalah naik turun berat badan, kurangnya interaksi sosial dan kurang produktif. Waduuuh, bisa jauh dari jodoh juga nih.

Perilaku Agresif Dan Masalah Mental

Mengapa game jaman sekarang sebaiknya tak terlalu sering dikonsumsi oleh anak-anak adalah karena hal ini. Sebenarnya game menurut penelitian, malah menimbulkan depresi dan kecemasan dibanding mereka yang tidak sering ngegame.

Ini membuat anak-anak seringkali susah konsentrasi, pola tidurnya berantakan, kecemasan dan mudah marah, Apalagi kalau mereka main game yang mengandung pertarungan dan terlalu bersifat fantasi.

The Tetris Effect/Game Transfer Phenomena

Ini adalah sebuah dampak main game yang cukup unik, namun bisa terjadi pada banyak orang. Apalagi game jenis tetris paling mudah dan bisa dimainkan oleh siapa saja.

Mereka yang terlalu lama main tetris akan membawa imajinasi tetris ini ke dalam dunia nyata. Mereka bisa merasa bahwa ada balok berjatuhan di mana-mana seperti balok tetris. Ada sebuah kejadian lucu dan unik di mana seseorang melaporkan kecelakaan akibat balok tetris, padahal balok itu tak pernah ada.

Carpal Tunnel Syndorme

Ini adalah kondisi di mana tangan kita mengalami tekanan yang diakibatkan perilaku berulang. BIasanya terjadi pada mereka yang menggunakan mouse saat bermain, atau bahkan bekerja.

Terjadi pembengkakan di area karpal sehingga bentuknya seperti kapalan di otot tangan. Sebuah kejadian nyata yang pernah terjadi menyebabkan seorang wanita yang sering menekan tangannya lama-lama dengan mouse, harus menjalani pembedahan di tangan.

Kematian

Salah satu kejadian disebabkan oleh kebanyakan main game adalah kematian. Pada 2007, seorang pria 28 tahun ditemukan kolaps setelah 72 jam main game dengan tidak makan atau tidur.

Pria ini pun akhirnya meninggal dunia karena kelelahan. Nah, semoga artikel ini bisa membantu Anda atau rekan yang mengalami kecanduan game untuk lebih mengerem kebiasaan mereka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading