Sukses

Beauty

Sedang Merasa Cemas Atau Stres? Coba 5 Makanan Ini

Kecemasan sering melanda Anda yang sedang banyak pikiran atau stres. Kecemasan atau stres yang Anda alami dapat mengganggu rutinitas dan merusak mood Anda. Umumnya gangguan kecemasan diobati dengan pengobatan secara medis ataupun terapi psikologis.

Namun, ternyata, gaya hidup dan makanan yang Anda konsumsi dapat mempengaruhi tingkat kecemasan Anda. Diet seimbang dan aktivitas fisik mungkin tidak dapat menghilangkan kecemasan Anda secara keseluruhan. Tetapi, diet seimbang dan aktivitas fisik dapat memperbaiki mood dan kondisi Anda.

Sehubungan dengan itu, beberapa jenis makanan ternyata memiliki kemampuan untuk meredakan gejala stres. Beberapa jenis makanan juga mungkin juga dapat membatasi kecemasan yang Anda rasakan. Berikut makanan yang dapat meredakan stres dan juga mengurangi kecemasan Anda seperti dilansir huffingtonpost.com.

(vem/cha)

Lemak Pada Ikan

Ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kinerja otak. Omega-3 banyak ditemukan pada jenis ikan yang hidup dilaut. Kandungan omega-3 pada ikan ternyata dapat membantu mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada Universitas Ohio menunjukkan, pelajar yang diberi suplemen omega-3 memiliki tingkat kecemasan lebih rendah daripada pelajar yang tidak mendapatkan suplemen.

Daripada membeli suplemen omega-3, lebih baik bagi Anda untuk menambahkan kandungan omega-3 pada pola makan Anda. Dengan mengonsumsi ikan, Anda akan mendapatkan asam lemak omega-3 yang dapat meringankan kecemasan Anda.

Teh Chamomile

Chamomile adalah bunga yang termasuk keluarga bunga matahari. Tanaman ini sudah lama dikenal dan digunakan luas sebagai tanaman herbal untuk beragam penyakit. Chamomile biasa digunakan sebagai minuman dengan diseduh sehingga menjadi salah satu jenis teh yang terkenal.

Selain dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti sakit perut, radang usus, dan insomnia, teh Chamomile dikenal dapat menenangkan pikiran. Penelitian pada tahun 209 juga menunjukkan bahwa teh Chamomile dapat meredakan kecemasan pada orang yang mengalami gangguan kecemasan.

Telur

Telur kaya akan kandungan beberapa jenis vitamin B. Otak membutuhkan vitamin B yang lengkap untuk dapat bekerja dengan baik dan optimal. Saat tubuh Anda sedang kekurangan vitamin B, Anda mungkin akan merasakan kebingungan, ketidak nyamanan, dan kecemasan di samping beberapa efek lain dari kekurangan vitamin B.

Dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B, Anda akan dapat mengurangi kemungkinan munculnya perasaan cemas atau tidak nyaman dalam diri Anda. Anda dapat mengonsumsi telur untuk memenuhi kebutuhan vitamin B Anda sehari-hari dan untuk mengoptimalkan kinerja otak Anda.

Probiotik

Otak dan pencernaan manusia sangat berhubungan, misalnya pada mekanisme rasa lapar yang terjadi pada tubuh Anda. Selain itu, para peneliti menyimpulkan ada hubungan keterkaitan antara bakteri yang terdapat dalam saluran pencernaan dengan otak.

Probiotik merupakan makanan yang membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 juga menunjukkan konsumsi probiotik dapat menurunkan gejala stres, kecemasan, dan depresi pada hewan coba. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam kaitan probiotik terhadap kecemasan pada manusia.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman yang banyak digunakan dalam diet penurunan berat badan. Teh hijau juga dikenal dapat memberikan efek tenang pada yang meminumnya. Teh kaya akan asam amino yang disebut L-theanine. Asam amino ini ditengarai dapat menimbulkan efek tenang secara umum.

Pada suatu penelitian, konsumsi 200 mg L-theanine sebelum ujian dapat membuat para pelajar universitas menjadi lebih tenang dan membantu mengurangi kecemasan. Tetapi dibutuhkan banyak sekali teh untuk menghasilkan 200 mg L-theanine.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading