Sukses

Beauty

Atasi Stress Dengan Cara Menyenangkan Melalui Hobi, Asik dan Nggak Pakai Ribet

Masalah merupakan bagian dari hidup manusia yang tidak bisa dihindari kehadirannya. Masalah hadir dalam hidup kita untuk membuat kita lebih kuat menjalani hidup. Sayangnya, manajemen menangani masalah yang kurang tepat kadang justru membuat masalah tersebut menjadi beban pikiran yang dapat memicu timbulnya stress.

Stress sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental, bahkan jika dibiarkan terus-menerus stress bisa bertambah parah hingga mengakibatkan depresi yang membahayakan jiwa.

Nah, sebelum stress Anda berubah menjadi depresi yang membahayakan jiwa, lebih baik Anda menangani stress yang Anda alami dengan melakukan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti melakukan hobi. Ya. Dilansir dari laman www.shape.com, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa hobi adalah sama penting nilainya untuk menjaga kesehatan seperti halnya berolahraga.

Penelitian tersebut menguji 100 lebih peserta yang diminta untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti yang biasa mereka lakukan. Bedanya, mereka diminta untuk memakai monitor jantung dan melaporkan semua kegiatan yang mereka lakukan secara periodik. Setelah diuji selama 3 hari masa penelitian, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 34% dan 8% peserta penelitian merasa lebih santai dan tidak stress serta lebih bahagia saat mereka melakukan kegiatan yang mereka senangi.

Melakukan hal-hal simpel seperti membaca buku, bernyanyi, mendengarkan musik, berjalan-jalan ke taman, nonton tv dan menyulam bisa jadi cara efektif untuk meredakan stres dan meningkatkan rasa bahagia.

Tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, Anda bisa menghilangkan stres yang melanda pikiran. Kuncinya adalah lakukan kegiatan simpel yang Anda sukai, hobi Anda misalnya. Kadar stres bisa menurun saat Anda melakukan kegiatan yang menurut Anda menyenangkan dan bersifat menghibur.

Hal ini terjadi sebab saat melakukan hobi yang Anda sukai Anda merasa rileks dan tidak dituntut untuk melakukan hal berat. Hal ini akan merangsang produksi endorphin dalam tubuh yang lebih banyak. Saat Anda merasa rileks dan stres menurun, detak jantung pun akan melambat, dan Anda pun akan lebih sehat.

Nah, ternyata nggak perlu mahal kan untuk mengatasi stress yang Anda rasakan. Cukup simpel dan Anda pun akan merasa lebih bahagia. Wanna try? Semoga bermanfaat.

(vem/ama)
Loading
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Naik-Turun Saat Stress? Ini Penyebabnya
Artikel Selanjutnya
Mewarnai Gambar, Ini 5 Manfaatnya Untuk Orang Dewasa