Sukses

Beauty

Miss V Sering Gatal Banget Saat Menstruasi? Ini Alasannya

Banyak pria takut berurusan dengan pacarnya yang sedang PMS atau sedang menstruasi. Tidak heran, karena wanita seringkali jadi orang yang berbeda dari sebelumnya ketika tamu bulanan-nya datang.

Bahkan sampai ada banyak meme yang menggambarkan situasi wanita yang sedang menstruasi, seperti misalnya "Cewek PMS kesandung batu, batunya yang minta maaf" dan lain sebagainya. Tapi pernahkah kamu merasa kesal banget saat menstruasi bukan karena emosi yang meledak-ledak, namun karena vagina yang gatal?

Seringkali wanita akan mengalami rasa gatal menjelang atau selama menstruasi. Hal ini bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon dalam tubuhmu yang sedang tidak stabil. Rasa gatal karena perubahan hormon ini bukan hanya bisa terjadi ketika menstruasi saja, tapi juga bisa terjadi saat kamu hamil, menopause atau saat kamu minum pil KB.

Ada kalanya pembalut juga memegang peran menyebabkan gatal di area kewanitaan. Produk pembalut atau pantyliner biasanya mengandung bahan kimia seperti pengharum dan pewarna yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di kulit sensitif miss V.

Untuk menghindari rasa gatal karena pengaruh produk, kamu bisa mengganti pembalut lebih sering atau mencoba pembalut lain yang lebih aman dan cocok dengan kulit. Jangan lupa juga selalu menjaga kebersihan vagina ya. Hindari juga menggunakan sabun pembersih selama menstruasi.

Tapi jika masalah gatal di miss V disebabkan oleh hal lain semacam jamur atau infeksi bakteri, maka jangan tunda segera periksa ke dokter ya Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading