Sukses

Beauty

Jangan Salah, 3 Sumber Karbohidrat Ini Ternyata Bisa Bantu Diet

Karbohidrat seringkali dihindari dalam diet mengurangi berat badan karena dianggap sebagai 'biang keladi' penyebab kegemukan.

Memang, terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, terutama jenis karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau mie bisa meningkatkan risiko kegemukan karena membuat tubuh menumpuk gula dan lemak. Tapi,sama sekali menghilangkan karbohidrat dalam menu diet Anda.

Hal ini dikarenakan, karbohidrat tetaplah menjadi nutrisi penting bagi tubuh. Ahli gizi, Lauren Harris-Pincus, M.S., R.D.N., dalam laman www.self.com, mengatakan bahwa tubuh membutuhkan karbohidrat untuk bekerja dan merupakan elemen yang sangat penting dalam diet.

Pincus mengatakan, konsumsi karbohidrat disarankan memenuhi 50-60 persen dari angka kecukupan nutrisi harian. So, jika memang ingin mengurangi asupan karbohidrat untuk menurunkan berat badan sebaiknya cukup sampai batas 40 persen per hari saja, tidak lebih rendah dari itu.

Nah, agar lebih mudah mengontrol asupan karbohidrat selama masa diet, Anda bisa mengonsumsi 3 sumber karbohidrat yang tidak menggemukkan tapi justru membantu proses penurunan berat badan berikut ini. Yuk, simak.

  • Buah. Mungkin tidak banyak yang tahu kalau buah juga ternyata merupakan sumber karbohidrat. Beberapa orang yang tidak tahu, seringkali membatasi konsumsi buah karena kandungan gula fruktosanya. Padahal, justru fruktosa itu lah yang merupakan bentuk karbohidrat yang tidak menggemukkan. Itulah sebabnya, setelah makan buah, tubuh akan jadi terasa lebih segar dan berenergi. Selain karbohidrat, buah juga kaya akan serat, vitamin serta mineral.
  • Gandum Utuh. Gandum utuh merupakan jenis karbohidrat kompleks yang membuat tubuh memerlukan waktu yang lama untuk mengolahnya menjadi glukosa (energi). Karena proses yang lama inilah, mengonsumsi gandum dapat memberi efek kenyang lebih lama. Gandum bisa diolah dengan cara dibuat bubur, roti, atau dicampurkan bersama chia seed dan buah-buahan.
  • Kentang. Jika diolah dengan cara yang sehat, kentang bisa menjadi sumber karbohidrat yang tak hanya mengenyangkan, memberi energi, tapi tak menggemukkan karena kandungan seratnya yang mengenyangkan lebih lama. Masaklah kentang tanpa dikupas kulitnya, dengan cara direbus atau panggang untuk membantu program diet Anda.


So, semoga informasi ini dapat membantu program diet Anda menjadi lebih sehat dan berhasil pada akhirnya ya, Ladies!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading