Sukses

Beauty

10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut di Kulit Kepala Si Kecil

Menghabiskan waktu untuk bermain memang menjadi momen menyenangkan bagi anak kecil. Namun, kurang menjaga kebersihan tubuhnya justru menimbulkan sejumlah masalah. Salah satunya adalah kutu rambut. Untuk menghilangkan kutu rambut, tidak hanya bisa dilakukan dengan mengaplikasikan obat kutu rambut saja. Imbangi juga dengan sejumlah perawatan berikut.

1. Gunakan Pediculicide

Salah satu bahan yang ampuh dalam menghilangkan kutu rambut adalah pediculicide. Bahan kimia tersebut memang dibuat khusus untuk mengatasi kutu rambut. Namun, penggunaannya tidak boleh sembarangan. Pediculicide tidak disarankan bagi yang memiliki alergi. Selain itu, pengaplikasiannya pun harus diawasi oleh dokter karena efeknya yang menimbulkan iritasi kulit.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu pada Rambut Anak

2. Sisir Khusus Kutu

Selain menggunakan produk khusus, bisa juga menyiasatinya dengan menggunakan sisir kutu. Jenis sisir yang didesain dengan gigi rapat ini dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Agar lebih efektif, sebelum mengaplikasikannya, belah rambut menjadi beberapa bagian. Sisirlah mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan secara merata pada seluruh bagian rambut.

3. Minyak Zaitun

Siapa sangka jika kutu rambut juga bisa diatasi dengan minyak zaitun. Memulaskan minyak zaitun pada kulit kepala mampu membasmi kutu rambut dan telurnya. Cara kerjanya adalah dengan menjadikannya tidak dapat bernapas. Namun, agar hasilnya lebih optimal, tutup rambut yang telah diaplikasikan minyak zaitun menggunakan shower cap selama semalaman. Hal tersebut untuk memastikan kutu rambut dan telurnya benar-benar mati. Hal tersebut dikarenakan kedua hewan tersebut mampu bertahan tanpa bernapas dalam beberapa jam.

4. Hair Dryer

Menurut laman Health, hair dryer dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Bahkan, cara tersebut ampuh menghilangkan sebanyak 98% telur rambut dan 55%  kutu rambut jika menggunakan blow dryer dengan panas langsung. Waktu yang pas untuk menerapkannya adalah seusai berkeramas. Namun, perawatan ini tidak dianjurkan untuk rambut yang telah dibubuhi obat khusus rambut karena dapat menimbulkan peradangan pada kulit kepala.

5. Mayonnaise

Cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan alami yang bisa dijajal adalah mengoleskan mayonnaise. Pilihlah full-fat mayonnaise yang memiliki kandungan lemak terbanyak. Bahan satu ini akan membuat kutu rambut dan telur kutu sulit untuk bernapas. Diamkan semalaman dan sisirlah menggunakan sisir khusus kutu keesokan paginya untuk meluruhkan kutu dan telurnya yang sudah mati.

6. Cuka

Bahan yang ada di dapur ini sudah dikenal sejak lama dapat membasmi telur kutu. Hal tersebut dikarenakan kandungan asamnya yang memiliki bahan antiseptik. Cara kerjanya adalah merusak eksoskeleton atau cangkang luar dari telur kutu. Namun, jangan menggunakan cuka pada kulit kepala yang meruam agar tidak memperparah kondisinya.

7. Sabun Pencuci Piring

Sabun pencuci piring tidak dapat membunuh kutu rambut. Namun, kandungan di dalamnya dapat menghilangkan cairan lengket yang menempelkan kutu dan telur kutu pada rambut. Hasilnya, kedua hewan tersebut lebih mudah dirontokkan menggunakan sisir khusus.

8. Petroleum Jelly

Tekstur yang kental dari petroleum jelly juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi kutu rambut. Gel yang pekat tersebut akan menyumbat lubang pernapasan kutu rambut, sehingga kutu akan kehabisan napas dan mati. Namun, agar hasilnya lebih efektif, pulaskan petroleum jelly secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut. Tutupi dengan shower cap selama semalaman. Lakukan selama satu minggu penuh.

9. Tea Tree Oil

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Langone Medical Center di New York menyatakan bahwa campuran minyak lavender dan tea tree oil ampuh dalam membasmi kutu rambut. Dosis yang dianjurkan dalam penggunaan tea tree oil sendiri sekitar 5% hingga 10% pada kandungan shampo ataupun gel. Poleskan setiap hari selama kurang lebih empat minggu untuk terbebas dari kutu rambut.

Baca juga: Kegunaan Tea Tree Oil Selain Untuk Obat Jerawat

10. Malathion Lotion

Bisa juga mengaplikasikan malathion lotion pada rambut untuk membasmi kutu rambut. Sayangnya, pengobatan ini tidak disarankan untuk anak yang berusia di bawah 6 tahun. Hal tersebut bisa disebabkan efek samping yang menimbulkan rasa terbakar pada kulit kepala. Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Balurkan pada rambut kering dan biarkan selama 8 hingga 12 jam pada udara terbuka. Ulangi cara tersebut hingga sembilan hari pemakaian awal malathion lotion.

Membasmi kutu rambut dan telurnya memang sedikit rumit. Namun, jika rajin menerapkan salah satu cara di atas, rambut akan kembali bersih dan bebas gatal-gatal. Selain itu, pilihlah tips yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala saat ini agar hasilnya optimal. Jangan malas pula dalam mengaplikasikannya secara rutin.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading