Sukses

Beauty

Habis Mudik, Kenapa Badan Masih Capek Meski Sudah Tidur Cukup?

Baru pulang mudik, di rumah sudah tidur cukup tapi kok badan masih terasa capek ya? Masih pegal-pegal rasanya. Rasa kantuk pun rasanya tak kunjung hilang. Menjalani hari-hari pun nggak lagi semangat padahal masih harus menyambut tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Memang sejumlah alasan dan faktor penyebab tubuh tetap gampang capek meski sudah tidur cukup. Sekalipun sudah tidur 8 jam setiap malam misalnya, tubuh bisa tetap gampang capek karena satu dan lain hal. Penyebabnya bisa karena hal-hal berikut.

Pikiran Masih Stres atau Nggak Tenang
Kesibukan mudik dan semua hal yang berkaitan dengan lebaran sangat menguras energi. Kamu jadi stres dan pikiran tak tenang. Seringkali kita tak sadar kalau sebenarnya kita sedang stres d tengah kesibukan mudik. Tahu-tahu tubuh terasa gampang capek saja. Bangun tidur, tubuh bukannya terasa lebih segar tapi malah masih terasa sakit semua. Kalau sudah begini, kamu benar-benar harus meluangkan waktu khusus untuk istirahat lebih panjang dari biasa atau melakukan kegiatan yang bisa membuatmu semangat.

Pola Makan Buruk, Kebanyakan Konsumsi Karbohidrat
Pola makan juga sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlalu banyak konsumsi makanan berkarbohidrat bisa membuat tubuh gampang capek. Apalagi saat lebaran tiba, berbagai hidangan dan kudapan tersajikan dan membuat kita sulit mengendalikan nafsu makan. Padahal penting untuk memastikan makanan yang kita konsumsi cukup nutrisi, vitamin, dan serat untuk menjaga kesehatan tubuh tetap prima atau bugar. Coba perbanyak konsumsi buah dan sayur sehat untuk mengembalikan kesehatan tubuhmu.

Kekurangan Cairan Tubuh (Dehidrasi)
Karena perjalanan panjang saat mudik, kadang kita jadi tak memperhatikan asupan cairan dan makanan yang baik. Sampai-sampai tak sadar kalau tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Seperti yang dikutip lifehack.org,organ-organ tubuh kita ini sulit bekerja dengan efisien kalau kita dehidrasi. Kekurangan cairan bisa membuat kinerja jantung jadi lebih lambat saat mengirimkan dan menyalurkan oksigen sehingga membuat kita merasa gampang letih dan lelah. Sehabis mudik, pastikan kamu minum air putih cukup agar terhindar dari dehidrasi ini.

Kadar Gula Darah Tidak Seimbang
Kebanyakan makan yang manis-manis? Tetap kontrol gula darahmu. Kandungan gula darah yang tak seimbang bisa membuat tubuh gampang letih. Penyebab ketidakseimbangan gula darah ini bisa karena makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan atau makanan kaya gula saat mudik, tubuh bisa gampang capek setelahnya.

Untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan biar nggak gampang capek lagi habis mudik, coba lakukan olahraga ringan. Sering kita beranggapan kalau tubuh bakal gampang capek kalau olahraga. Padahal olahraga ini bisa jadi cara efektif untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Bisa dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki ringan atau jogging beberapa menit sehari. Selain bisa membuat kualitas tidurmu lebih baik, tubuh pun nantinya bisa nggak gampang capek lagi.

(vem/nda)
;
Loading