Sukses

Beauty

Penyakit Bowen, Kanker Kulit Jinak Yang Mengganas

Pernah mendengar penyakit Bowen ini, Ladies? Yup, ini adalah jenis penyakit kulit yang ringan pada awalnya namun bisa berkembang menjadi kanker jika tidak ditangani dengan serius. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita daripada laki-laki. Yuk, cari tahu lebih dalam!

Biasanya penyakit Bowen ini menyerang kaki bagian bawah, pada wanita berusian 60-70 tahun. Tampilan kulit yang terinfeksi penyakit Bowen ini kemerahan, kulit atasnya menjadi kasar dan berkesan timbul. Bagian ini terasa gatal, perih/nyeri dan jika keadaannya parah akan sampai berdarah. Pada beberapa kasus bahkan akan terlihat seperti eksim biasa namun ada baiknya segera diperiksakan ke dokter kulit apabila terjadi inflamasi berlebih.

Penyakit ini membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk terus berkembang dan menjalar ke bagian kulit lainnya dan menjadi sel kanker kulit sel skuasoma karsinoma, menurut macmillan.org.uk. Pada beberapa kasus, sel kanker ini dapat menjalar ke daerah vital bahkan bisa memicu bertumbuhnya kanker serviks karena sel kankernya mirip dengan human papilloma virus (HPV).

Orang-orang dengan masalah imun tubuh berpotensi lebih besar terkena penyakit ini. Penyebab dari penyakit Bowen ini salah satunya adalah paparan sinar matahari. Maka dari itu, Ladies, jangan pernah lupakan tabir surya/sunscreen dan hand & body lotion yang mengandung SPF minimal 24++. Apalagi bagi Anda yang berkulit cerah. Ini adalah salah satu pencegahan yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyakit Bowen ini.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading