Sukses

Beauty

Khasiat Kunyit II: Mengatasi Diare

Ladies, penyakit diare atau sering juga disebut dengan astroenteritis merupakan salah satu penyakit yang masih banyak dijumpai di masyarakat. Hal tersebut terbukti pada survey penobatan tradisional di arut dan Badui Selatan, diperoleh hasil bahwa dari 10 penyakit terbanyak, diare menduduki peringkat tertinggi yaitu 71% dibanding penyakit lainnya.

Diare biasanya ditandai dengan frekuensi defekasi melebihifrekuensi normal, konsistensi encer, bersifat akut dan kronis. Diare akut ditandai dengan adanya infeksi yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli.

Banyak tanaman obat herbal yang digunakan oleh masyarakatsebagai obat diare. Tanaman obat yang dapat digunakan salah satunya ialah kunyit. Dijelaskan pada situs top10homeremedies.com, bahwa kunyit dapat membantumengatasi diare diantaranya mempunyai efek sebagai adstringen (pengelat) yaitu dapat mengerutkan selaput lendir usus sehingga mengurangi pengeluaran cairandiare dan disentri, selain itu juga mempunyai efek sebagai antiradang, dan antibakteri.

Caranya sangat mudah, Anda cukup mengambil pimpang kunyit 1/2 jari, ketumbar 3 biji, buah kayu ules 1 biji, daun trawas 1 helai. Bahan-bahan ditumbuk lalu ditambah air 125 ml dan dididihkan. kemudian disaring. Anda dapat meminum pagi dan sore tiap kali minum 100 ml.

Namun, jika yang terkena diare anak kecil, caranya pembuatannya juga berbeda, berikut langkah-langkahnya:
1. Kunyitnya dibersihkan dan buang cabang kecilnya, tapi tidak perlu dikupas kulitnya cukup dicuci sampai benar-benar bersih.
2. Parut kunyit.
3. Peras hasil parutan kunyit tanpa menggunakan air.
4. Saring hasil perasan tambahkan sedikit parutan gula merah.
5. Aduk-aduk air perasan kunyit dan gula merah sampai rata.
6. Minumkan ke si Anak 2-3 kali sehari, dijamin mampet.

Selamat mencoba ladies.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading