Sukses

Beauty

Sirih: Daun Dengan Jutaan Khasiat (I)

Pasti Ladies sering melihat iklan di media elektronik maupun di media cetak tentang produk-produk perawatan daerah kecantikan yang terbuat dari ekstrak sirih. Ya, merawat miss V merupakan salah satu manfaat dari daun sirih. Masih banyak khasiat yang diberikan oleh tanaman iklim basah dan sedang ini.

Sebelum mendaftar berbagai macam khasiatnya, yuk kita lihat dulu kandungan kimia di dalam daun sirih seperti dikutip dari laman ancaran.com beriktu ini:
minyak atsiri 1 – 4.2%
hidrosikavicol 7.2 – 16.7%
kavibetol 2.7 – 6.2%
allypyrokatekol 0 – 9.6%
karvakrol 2.2 – 5.6%
eugenol 26.8 – 42.5%
eugenol metil eter 4.2 – 15.8%
caryopyllene 3.0 – 9.8%
cadinene 2.4 – 15.8%
diastase 0.8 – 1.8%

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sirih memberikan banyak manfaat untuk meringankan penyakit-penyakit seperti radang, batuk, merangsang saraf pusat, mencegah ejakulasi dini, dan menghilangkan dengkur saat tidur.

Tak hanya itu, dari laman lensaindonesia.com, diketahui juga bahwa sirih juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ambeien dan berfungsi obat kumur. Kedua manfaat ini telah dipercaya sejak ratusan lalu secara turun temurun di Keraton Yogyakarta.

Untuk membuat obat kumur dari daun sirih sangat mudah dan Ladies bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun sirih lalu menggunakan air rebusannya sebagai obat kumur. Air rebusan daun sirih ini mengandung antiseptic yang berguna untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menghindarkan Anda dari bau mulut yang tidak sedap.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading