Sukses

Beauty

Waspadai Bintik Merah Sebagai Gejala Kanker Darah

Petechiae, yaitu bintik-bintik merah atau ungu pada wajah, leher dan dada bisa menjadi gejala kanker darah. Bintik merah tersebut terjadi karena sel basal karsinoma yang gejalanya sering hanya berupa sebuah bintik pucat atau bintik merah.

Pecahnya pembuluh kapiler karena trauma bukanlah satu-satunya penyebab facial petechiae. Orang yang menderita gangguan pembekuan darah juga beresiko mengalami pendarahan internal yang menunjang akan tumbuhnya sel kanker.

Seperti yang dilansir oleh healthline.com, biasanya bila pembuluh darah akan rusak, pembekuan darah segera mulai di tempat terluka untuk menghentikan pendarahan.

Namun, ini tidak terjadi pada orang yang menderita gangguan pembekuan darah, karena itulah terdapat kemungkinan yang tinggi untuk membentuk bintik merah di kulit. Facial petechiae yang disertai demam dapat menandakan infeksi virus.

Lapisan dalam kulit terdiri dari pembuluh darah kecil yang tak terhitung banyaknya. Pembuluh darah membawa darah dan memastikan bahwa setiap organ mendapat sejumlah darah yang cukup. Pembuluh darah terletak sangat dekat dengan lapisan luar kulit atau epidermis.

Setiap tindakan atau aktivitas yang menempatkan beban berlebihan pada pembuluh darah wajah dapat merusaknya. Kerusakan internal pada pembuluh darah sering bermanifestasi pada lapisan terluar kulit, dalam bentuk bintik-bintik merah di wajah.

Sehingga disarankan jika terdapat ciri-ciri ini, segeralah periksa ke dokter. Jangan langsung memvonis diri Anda terjangkit kanker darah akibat bintik merah ini. Siapa tahu bintik merah ini merupakan gejala dari penyakit lainnya.

Oleh: Lailiyah K. Novia

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading