Sukses

Beauty

Informasi Lengkap Mengenai Permainan Olahraga Bowling (III)

Di ulasan sebelumnya telah dijelaskan informasi mengenai bowling center dan jenis bola yang digunakan dalam permainan olahraga bowling. Kali ini, akan dijelaskan informasi mengenai penilaian dalam permainan bowling.

- Penilaian dalam permainan bowling

Seperti dilangsir dari laman en.wikipedia.org, penilaian yang akan diulas adalah penilaian dalam jenis pin bowling yang paling terkenal yaitu sepuluh pin bowling. Seorang pemain bowling biasanya memainkan sebuah “game”, dan sebuah “game” terdiri atas sepuluh “frame”.

Setiap frame memberikan kesempatan pemain bowling sebanyak dua kali untuk menjatuhkan sepuluh pin. Strike adalah istilah yang digunakan apabila pemain bowling menjatuhkan sepuluh pin sekaligus dalam kesempatan pertama, dan spare adalah istilah yang digunakan apabila pemain bowling menjatuhkan total sepuluh pin pada kesempatan pertama dan kedua.

Khusus untuk frame terakhir, apabila seseorang mendapatkan strike atau spare, orang tersebut akan diberi dua atau satu kesempatan tambahan untuk melempar bola. Cara menghitung nilai dalam permainan bowling jika sebelumnya tidak terjadi strike atau spare adalah menghitung jumlah pin yang jatuh di frame tersebut.

Apabila ada strike, misalnya di frame pertama, nilai frame pertama adalah 10 + pin yang jatuh di frame kedua. Apabila ada spare, misalnya di frame pertama, nilai frame pertama adalah 10 + pin yang jatuh di kesempatan pertama di frame kedua.

Apabila terjadi strike beruntun, misalnya di frame pertama dan kedua, nilai di frame pertama adalah 10 + 10 + pin yang jatuh di frame ketiga, dan nilai di frame kedua adalah 10 + pin yang jatuh di frame ketiga. Intinya, semakin banyak strike atau spare, semakin tinggi nilai yang akan didapat.

Ada berbagai istilah untuk strike yang dilakukan secara beruntun, contohnya adalah “double” untuk strike beruntun dua kali dan “turkey” untuk strike beruntun tiga kali. Apabila seorang pemain bowling mendapatkan strike di sepuluh frame (frame pertama-kesembilan masing-masing satu kali strike, frame kesepuluh tiga kali strike), pemain bowling tersebut akan mendapatkan nilai maksimal sebesar 300 poin.

Masih ada informasi lain Ladies mengenai bowling. Simak di artikel selanjutnya ya!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading