Sukses

Beauty

Penyakit Keputihan Karena Vulvovaginitis

Jika Anda mengalami keputihan normal, sebenanya hal ini tidak perlu dikhawatirkan, karena hal itu merupakan cara miss V membersihkan dirinya dari sisa menstruasi, kotoran dan berbagai gangguan lainnya.

Namun terkadang keputihan juga perlu diwaspadai, karena menurut www.healthline.com, maslaah keputihan bisa disebabkan oleh penyakit vulvovaginitis. Vulvovaginitis atau disebut juga dengan vaginitis adalah kondisi peradangan atau infeksi pada bagian luar (vulva) vagina dan rongga vagina. Ini adalah kondisi umum yang mempengaruhi perempuan dan anak perempuan dari segala usia.

Hal ini memiliki berbagai penyebab, di antaranya adalah bakteri, jamur, ragi, virus, parasit, dan faktor lingkungan. Jika Anda kurang membersihkan daerah miss V dengan baik, mislanya dengan mengganti celana dalam 2 kali sehari dan membilas setelah buang air, maka jangan heran jika Anda mengalami vulvovaginitis.

Jika keadaan miss V kotor atau kurang bersih, maka sangat mungkin menjadi sarang bakteri, jamur dan berbagai macam sumber penyakit yang dapat menginfeksi dengan mudah. Selain itu, jika Anda mempunyai alergi, risiko mengalami penyakit ini juga mungkin lebih besar.
Pertumbuhan berlebih dari bakteri tertentu dapat menyebabkan vulvovaginitis, seperti misalnya bakteri Streptococcus, Gardnerella, dan Staphylococcus. Infeksi bakteri tersebut biasanya menimbulkan keluarnya cairan putih atau keputihan berwarna keabu-abuan yang berbau amis atau tidak sedap.

Selain itu, salah satu penyebab paling umum dari vulvovaginitis adalah jamur Candida albicans. Infeksi jamur ini biasanya menyebabkan gatal dan bengkak, serta keputihan. Infeksi jamur ini sering terjadi karena penggunaan antibiotik, sehingga menyebabkan ketidakseimbangan jumlah mokroorganisme pada miss V, Ladies.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)
;
Loading