Sukses

Beauty

4 Hal Tentang Mandi yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Mandi sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Saking terbiasanya dengan aktivitas yang satu ini, mungkin kita akan melakukan hal yang sama setiap kali kita mandi. Padahal, cara tersebut tidak optimal untuk mendapatkan manfaat mandi yang sesungguhnya.

Tak jarang mandi juga dilakukan tergesa-gesa, asal bersih dengan cepat dan nyaman tanpa memikirkan rutinitas konsisten atau pilihan produk yang tepat untuk kesehatan kulit.

Jika dicermati lebih jauh, banyak lho kebiasaan mandi kita yang sebenarnya membahayakan kulit. Dilansir dari Bustle, berikut hal-hal tentang mandi yang jarang diketahui!

1. Tidak perlu membersihkan semuanya ketika mandi

Jika selama ini kamu membersihkan seluruh tubuh dengan sabun ketika mandi, berarti kamu salah. Menurut Dr. Sandy Skotnicki, dermatologis yang diwawancarai oleh Bustle, cukup membersihkan bagian yang sekiranya kotor ketika mandi. "Kenapa harus menyabuni lengan dan badan jika tidak kotor? Itu bisa merusak kemampuan kulitmu untuk melakukan tugasnya," kata Dr. Sandy.

 

2. Wewangian memicu iritasi

3. Wewangian memicu iritasi

Tentu sabun, lotion, sampo dan alat mandi lain yang memiliki harum sangat enak digunakan dengan harapan wanginya tertinggal di tubuh. Sayangnya, wewangian itu bisa memicu iritasi pada kulit. Dengan kata lain, kulit yang sensitif baiknya tidak menggunakan peralatan mandi yang mengandung parfum.

4. Jangan aplikasikan retinoid setelah mandi

Berbeda dengan moisturizer, retinoid tidak seharusnya diaplikasikan segera setelah mandi. "Kulit yang terhidrasi sangat meningkatkan penyerapan topikal," kata Dr. Palm, dilansir dari Bustle. "Menggunakan retinol atau retinoid pada kulit yang lembap dapat meningkatkan penyerapan turunan vitamin A ini, meningkatkan kemerahan, iritasi, dan pengelupasan kulit," imbuhnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Essential Oil Terbaik untuk Digunakan Saat Mandi
Artikel Selanjutnya
Dermatologis Sebut Loofah Berbahaya Bagi Kulit, Tidak Baik Dipakai Mandi