Sukses

Beauty

Peran Utama Vitamin C dalam Menjaga Kesehatan Kulit

Fimela.com, Jakarta Vitamin C merupakan nutrisi yang kita butuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Di samping itu, vitamin C juga esensial bagi kesehatan kulit.

Vitamin C turut mendorong produksi kolagen yang bertugas menjaga kulit tetap elastis dan terbebas dari paparan radikal bebas.

Menurut Jen Novakovich, pendiri The Eco Well dan anggota dari Society of Cosmetic Chemists, sebenarnya ada banyak vitamin C di lapisan epidermis kulit. Kekuatan super antioksidannya, ia dapat bekerja memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan dengan mendorong pembaruan dan pergantian sel.

Sayangnya, beberapa faktor luar maupun dalam dapat merusak kadar vitamin C alami di kulit, jadi mengonsumsi suplemen atau menggunakan serum vitamin C secara topikal sangat dibutuhkan untuk kulit yang sehat dan bercahaya.

2 dari 4 halaman

Pastikan Vitamin C Bekerja Optimal

Untuk memastikan vitamin C bekerja di kulit dengan optimal, coba rutin eksfoliasi. Perlu diketahui, sel kulit mati dapat menghambat penyerapan asam L-askorbat dari vitamin C.

Selain itu, bisa juga 'pasangkan' vitamin C dengan vitamin E untuk memastikannya bekerja dengan baik. Penelitian dari Oregon State mencatat kerja sama antara dua senyawa ini jauh lebih efektif dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

3 dari 4 halaman

Kapan Mulai Pakai Serum Vitamin C Secara Topikal?

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan semakin menurun dan berakibat elastisitas kulit pun berkurang. Untuk mencegah itu terjadi, baiknya penggunaan serum vitamin C dimulai sedini mungkin, paling tidak di usia awal 20-an sebelum tanda penuaan seperti kerutan muncul.

Sampai kapan kita harus menggunakan serum vitamin C? Seumur hidup, atau selama kamu mau kulitmu terawat serta terlihat awet muda.

4 dari 4 halaman

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading