Sukses

Beauty

5 Penyebab Jerawat di Usia Dewasa dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Di saat kamu mencari produk efektif untuk menangani jerawat dewasa, tentunya sejumlah serum, losion, dan beragam produk lainnya diharapkan dapat mengatasi hingga ke akar. Padahal, agar jerawat dewasa benar-benar bisa teratasi, kamu harus memahami apa penyebabnya terlebih dahulu.

Seperti yang dilansir dari Self.com, mengethui penyebab jerawat dapat menjadikannya hilang lebih cepat dan mencegah timbulnya breakout. Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Faktor hormonal

Hormon yang bergejolak seperti di saat menstruasi adalah salah satu penyebab jerawat dewasa yang timbul. Hal ini disebabkan produksi hormon progesteron yang meningkat setelah masa ovulasi dan bisa dikaitkan dengan jerawat karena sebum meningkat. Selain itu, hormon Androgen yang menyerupai hormon testosteron juga mampu menyebabkan timbulnya hormonal acne.

2. Stres

Kita juga mengetahui jika stres yang kronis dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang kuat, karena di saat stres adrenalin melepas kortisol dan menyebabkan imunitas tubuh juga menurun, Hal ini tentu menjadikan tubuh mudah terserang bakteri dan menimbulkan jerawat pada kulit. 

Penyebab jerawat di usia dewasa

3. Polusi

Kamu mungkin tidak sadar jika udara juga menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di usia dewasa. Polusi udara memiliki partikel-partikel yang dapat merusak kulit. Kotoran dan debu berpadu dengan minyak pada wajah akan menjadikan kulit rusak dan menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu, membersihkan wajah secara optimal sangatlah penting, agar kulit terbebas dari residu polusi yang terjebak di dalam pori-pori.

4. Salah menggunakan produk

Ya, salah menggunakan produk juga menjadi salah satu masalah yang jarang disadari. Niat baik untuk mengoptimalkan kondisi kulit dengan sederet produk skincare yang digunakan, tapi ternyata salah sehingga membuat kulit jadi bereaksi. Jika ini terjadi, jangan memaksakannya. Segera berhenti untuk menggunakan produk-produk tersebut, dan kembalilah ke produk basic yang dapat menenangkan kulit.

5. Kondisi kesehatan

Pada beberapa kasus, adult acne juga disebabkan oleh sejumlah masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan seperti polycystic ovary syndrome (PCOS) dalah kondisi tak biasa yang menyebabkan terjadinya siklus menstruasi yang berbeda, tumbuhnya facial hair, dan berat badan. Hal ini juga berkaitan dengan faktor hormon.

Cara mengatasinya:

1. Gunakan produk topikal

Hal terpenting untuk mengatasnya adalah dengan pemilihan produk yang tepat. Produk topikal yang bisa mengatasinya biasanya mengandung Salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, benzoyl peroxide, dan juga polyhydroxy acid.

2. Lakukan eksfoliasi

Eksfoliasi adalah hal penting untuk mengatasi dan mencegah jerawat, Pilihlah jenis eksfoliator yang tepat antara chemical. atau physical exfoliant. Hal ini sangat efektif untuk mencegah jerawat secara optimal. Tapi pastikan untuk tidak berlebihan melakukan eksfoliasi, sehingga kulit akan bebas dari iritasi dan menjadikan kulit senantiasa bersih sekaligus sehat.

3. Konsumsi obat minum

Tergantung apa jenis jerawat dewasa yang kamu alami. Tapi, di saat jenis jerawat tersebut sudah semakin parah, maka disarankan untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan resep obat yang sesuai untuk mengatasi permasalahan jerawat yang dialami.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Keren! Penemu Difa Bike Ini Sukses Bangkitkan Kaum Disabilitas di 'Jemput Rezeki'
Artikel Selanjutnya
Dukung #dirumahaja, BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay