Sukses

Beauty

Alasan Harus Menghindari Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Beeswax

ringkasan

  • Beeswax, atau lilin lebih, diproduksi lebah pekerja yang membentuk sarang lebah untuk meyimpan madu.
  • Beeswax ini selain banyak dikonsumsi untuk kesehatan, juga menajdi salah satu bahan baku pembuatan produk perawatan dan styling rambut. Seperti sampo, kondisioner, curl cream, dan leave-in conditioner.
  • Namun, beeswax ini tidak bisa larut dalam air dan tidak bisa dihilangkan meskipun menggunakan bahan-bahan pembersih pada sampo.

Fimela.com, Jakarta Beeswax, atau lilin lebih, diproduksi lebah pekerja yang membentuk sarang lebah untuk meyimpan madu. Beeswax ini selain banyak dikonsumsi untuk kesehatan, juga menajdi salah satu bahan baku pembuatan produk perawatan dan styling rambut. Seperti sampo, kondisioner, curl cream, dan leave-in conditioner. 

Pasalnya, beeswax mengandung agen pelembap yang mampu melembapkan rambut. Selain itu, tulis Health Line, lilin lebah juga mengandung sedikit anti bakteri alami yang kini banyak dibutuhkan produk perawatan rambut. 

Namun sayangnya, bagi rambut keriting, penggunaan lilin lebah ini tidak dianjurkan. Dilansir dari Naturally Curly, kandungan lilin lebah bisa saja membuat rambut menjadi kusut, kering, dan susah diatur. 

Sulit Dibersihkan dari Rambut

Pasalnya, menurut North Carolina Cooperative Extension, beeswax ini tidak bisa larut dalam air dan tidak bisa dihilangkan meskipun menggunakan bahan-bahan pembersih pada sampo. Beeswax tidak larut air dan tidak bisa dihilangkan menggunakan bahan-bahan seperti benzine, chloroform, dan turpentine oil. 

Bahkan, beeswax juga tidak bisa dibersihkan menggunakan alkohol dan juga panas. Artinya, beeswax sangat sulit untuk dihilangkan dari kulit kepala dan rambut. Hal ini akan menyebabkan product buildup yang akan terlihat seperti ketombe pada kulit kepala. 

Product buildup inilah yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan merusak rambut. Rambut menjadi kering, kasar, kusut, dan sulit diatur. Lantas bagaimana cara menghilangkannya? Essence menganjurkan untuk datang langsung ke salon dan biarkan hair stylist profesional yang akan mengikisnya dari rambut dan kulit kepalamu dengan aman, tanpa merusak kulit kepala dan kutikula rambut. 

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Tips Mengembalikan Kilau Rambut dengan Masker Alami
Artikel Selanjutnya
Kupas Tuntas Manfaat Minyak Argan untuk Semua Jenis Rambut