Sukses

Beauty

Panduan Tepat untuk Menjaga Kulit Tetap Sehat Berdasarkan Faktor Usia

Fimela.com, Jakarta Kita semua ingin menjaga agar kulit kita tetap sehat, terhidrasi dan cantik, tetapi perawatan yag dilakukan untuk kulit tidak lah sama seiring bertambahnya usia. Jadi produk dan bahan perawatan kulit apa yang harus kamu mulai dari sekarang? Dan bagaimana hasilnya dalam waktu sepuluh tahun? Pertimbangkan risiko dan manfaat perawatan kulit untuk beberapa tahun ke depan. Menurut para dokter kulit, berikut ini adalah perawatan yang bisa kamu lakukan untuk kulitmu berdasarkan usia, seperti dilansir dari Total Beauty.

Di usia 20-an

"Pencegahan adalah kunci pada usia ini, jadi kamu harus mulai menerapkan produk yang mengandung antioksidan dan bahan penambah kolagen secara topikal dan jangan lupa untuk selalu menggunakan SPF setiap hari," kata dokter kulit Dr. Dennis Gross

Menariknya, teknologi modern sebenarnya memiliki beberapa risiko, diantaranya, "Double chin yang kendur karena terus-menerus memandang rendah ponsel dan komputer lebih terlihat pada usia-usia yang lebih muda," kata Dr. Paul Jarrod Frank, dokter kulit kosmetik. "Selain itu, dehidrasi dari alkohol dan jumlah gula yang berlebihan dapat memengaruhi kulit dan menyebabkan keriput, sama halnya dengan merokok. Jika kamu mampu melakukan semua pencegahan ini pada usia 20-an dan 30-an, kamu akan terlihat jauh lebih muda di usia 40-an dan 50-an."

Pada usia ini, temukan juga rutinitas perawatan kulit yang cocok untukmu. "Mulailah dengan dasar-dasar, seperti pembersih untuk menghilangkan semua jejak makeup dan bakteri," saran dokter kulit Dr. Michele Green. "Jika kamu berjerawat pilih pembersih berbasis gel agar kulit terlihat lebih cantik dan bersih." Ia juga merekomendasikan mengoleskan toner agar membuka pori-pori, sehingga memungkinkan produk perawatan diserap sepenuhnya. "Untuk kulit sensitif pilih toner dengan chamomile dan teh hijau yang bebas alkohol. Jika kulitmu berjerawat produk dengan kandungan alpha hydroxy, asam salisilat atau glikolat adalah pilihan terbaik." Serta perhatikan juga produk perawatan berdasarkan kebutuhan kulit sesuai anjuran ahli. 

Di usia 30-an

"Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa pada usia tiga puluh tahun, produksi kolagen dan elastin mulai menurun dalam jumlah dan kualitas, jadi pastikan untuk memasukkan produk vitamin C dalam rutinitas perawatan kulitmu. Karena hal ini tidak hanya melindungi kulit terhadap radikal bebas yang merusak, tetapi juga merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen secara alami," kata Dr. Gross. "Retinoid, atau turunan dari vitamin A, juga merupakan bagian penting untuk membuat kulit anti-penuaan pada kelompok usia ini karena mereka merangsang produksi sel-sel kulit baru dan menghambat enzim alami tubuh yang memecah kolagen."

Ini juga merupakan usia di mana kamu ingin mulai mempertimbangkan perawatan profesional untuk membantu mengencangkan kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Cobalah eksfoliasi secara teratur yang dapat memerangi timbulnya kerutan.

Di usia 40-an

Pada usia 40-an, perubahan hormonal tampak jelas dan kulitmu mungkin tidak lagi terlihat berseri seperti pada usia 20 dan 30-an. Inilah waktu yang tepat untuk menambahkan lebih banyak lotion dan produk melembabkan lainnya ke perawatan kulitmu. "Tukar pembersih dengan cleansing balm untuk menghidrasi kulit saat membersihkan dan pastikan untuk menggunakan toner untuk menambah kelembaban yang hilang, khususnya yang dibuat dengan lidah buaya," Kata Dr. Green.

Pengelupasan juga merupakan langkah yang baik pada usia ini. "Kulit membutuhkan semua bantuan yang bisa didapatnya untuk merangsang pergantian sel dan ini akan membantu mempertahankan warna kulit yang sehat," jelas Dr. Green. "Produk perawatan dalam fase ini harus ringan dan mampu menembus lebih dalam ke kulit untuk memperbaiki dan mengisi kembali. Seperti produk yang mengandung antioksidan dan peptida untuk merangsang regenerasi kolagen," tambahnya.

Di 50-an dan seterusnya

Di usia 50-an, kulit akan berubah secara drastis. "Menopause menyebabkan banyak wanita kehilangan lemak, yang menyebabkan elastisitas kulit menurun," kata Dr. Gross. "Ini dikombinasikan dengan kekeringan yang disebabkan oleh perubahan hormonal mengarah ke garis yang lebih dalam dan kendur." Dia menyarankan mencari pelembab yang mengandung asam hialuronat karena ini berfungsi untuk membawa air ke dalam kulit sehingga terlihat lebih tebal dan lebih kencang. "Kelompok usia ini juga rentan terhadap kemerahan dan iritasi, jadi penting untuk mencari produk yang memiliki kandungan ekstrak teh hijau."

Bukan hanya berpengaruh pada kulit wajah, tangan juga mulai menua pada tahap ini. "Fraxel dapat membantu mengurangi pigmentasi seperti bintik hitam dan juga membantu meratakan warna kulit," kata Dr. Jarrod Frank. Dia menambahkan bahwa menggunakan retinoid dapat bekerja untuk mengurangi pigmentasi dan menyegarkan kulit, mereka tidak menembus cukup dalam ke kulit di mana kerusakannya akan membuat perbedaan yang signifikan dalam jangka panjang. 

Penulis: Iffah Nurahmah

#ChangeMaker

;
Loading