Sukses

Beauty

5 Tahap Skincare Mencerahkan Wajah Bagi Pemilik Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Kulit wajah yang cerah mengindikasikan kondisi kulit yang cantik dan sehat. Namun, mencerahkan wajah bukanlah perkara mudah bagi sebagian perempuan.

Ada beberapa faktor yang membuat perempuan sulit mencerahkan wajah. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Tidak bisa sembarang produk mencerahkan wajah bisa digunakan oleh pemilik kulit sensitif.

Salah-salah, kulit justru malah menjadi rusak. Berdasarkan beberapa sumber, kamu bisa mencerahkan wajah dengan lima tahap skincare. Bagaimana tahapannya?

1. Membersihkan wajah

Meski kulit sensitif cukup riskan dengan proses eksfoliasi, kamu tidak boleh melewatkannya. Proses eksfoliasi akan mengangkat sel kulit mati, yang menjadi penyebab kulit kusam. Dengan eksfoliasi, sudah pasti akan membantu proses mencerahkan wajah. Proses eksfoliasi bisa dimulai dengan mencuci wajah dengan lotion cleanser atau pembersih ringan tanpa sabun seperti sulfat. 

2. Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin C berperan penting untuk mencerahkan wajah. Namun bagi pemilik kulit sensitif, kamu harus lebih berhati-hati mencari serum dengan kandungan vitamin C yang cocok. Kamu bisa mencari antioksidan atau serum vitamin C yang terbuat dari bahan alami dan memiliki efek menenangkan. Sehingga kamu bisa mendapatkan efek mencerahkan wajah tanpa membuatnya iritasi.

 

3. Sunscreen

Perawatan saja tidak cukup. Kamu tetap perlu melindungi kulit dari paparan sinar matahari selama proses mencerahkan kulit. Ada banyak formula sunscreen yang beredar di pasaran. Namun yang paling penting, pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan minimal SPF 30.

4. Retinol

Hampir sama seperti vitamin C, retinol memiliki esensi penting dalam proses mencerahkan kulit. Namun karena kulitmu memiliki sifat yang sensitif, tidak bisa sembarang dan menggunakan retinol terlalu banyak. Kamu harus mencari produk retinol ringan yang berfungsi untuk membantu proses regenerasi kulit sekaligus mencerahkan.

5. Pengelupasan kimia

Jangan pernah sekali-kali menggunakan pengelupasan fisik untuk kulit sensitif. Bisa berpotensi menimbulkan kulit iritasi berat. Umumnya, menggunakan produk denga kandungan asam glikolat untuk pengelupasan kimia yang keras bagi kulit sensitif.

Kamu bisa menggunakan toner pad atau toner yang mengandung AHA BHA. Selain mengembalikan pH kulit, kandungan ini sangat ringan dan aman bagi kulit sensitif. Diusapkan ke wajah menggunakan kapas atau pad yang tersedia, kulit mati akan terangkat tanpa membuat iritasi.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading