Sukses

Beauty

5 Cara Membuat Masker Tradisional untuk Menghilangkan Jerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat merupakan masalah kulit yang harus dihilangkan dengan penuh kesabaran. Menggunakan produk kecantikan yang tepat bisa menghilangkan jerawat. Biasanya menghilangkan jerawat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan instan, atau produk-produk yang mengandung bahan senyawa kimia.

Ternyata menghilangkan jerawat tidak selalu harus menggunakan produk berbahan kimia. Menggunakan masker tradisional bisa membantu menghilangkan jerawat. Masker ini bisa dibuat dengan cara yang mudah dan praktis.

Pastikan merawat kulit berjerawat dengan rajin dan konsisten. Karena perawatan yang konsisten akan membuat kulit wajah menjadi sehat dan bebas jerawat. Berikut cara membuat masker tradisional untuk menghilangkan jerawat:

 

Cara Membuat Masker Tradisional

1. Masker Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Kunyit bisa menghilangkan jerawat karena memiliki kandungan kurkumin. Kandung ini bisa membantu membunuh bakteri jerawat. Selain itu, kunyit juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat, dan juga lupa yang ditimbulkan jerawat. Cara membuat masker kunyit sangatlah mudah:

  1. Haluskan kunyit dengan blender
  2. Campurkan dengan 1 sendok teh madu
  3. Lalu oleskan ke wajah yang berjerawat
  4. Tunggu 10 hingga 15 menit
  5. Setelah itu bilas masker menggunakan air hangat

2. Masker Bawang Putih

Biasanya bawang putih digunakan sebagai bahan pelengkap sebuah masakan. Bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bawah putih juga bisa membantu menyembuhkan masalah kulit jerawat. Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa membunuh bakteri jerawat.

Bawang putih juga membantu mengeringkan jerawat dengan cepat, karena bawang putih mengandung senyawa belerang. Selain itu bawang putih juga bisa digunakan untuk anti-inflamasi, sebagai pereda kemerahan pada wajah akibat peradangan jerawat. Cara membuat masker tradisional bawang putih cukuplah mudah:

  1. Langkah pertama hancurkan 1 atau 2 siung bawang putih.
  2. Kemudian campurkan 1 sendok the madu.
  3. Setelah itu oleskan di area kulit yang berjerawat.
  4. Tunggu hingga 5 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.

Cara Membuat Masker Tradisional

3. Masker Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman mediterania yang memiliki banyak manfaat. Lidah buaya memiliki manfaat untuk kesehatan, bisa juga untuk mengatasi masalah kulit. Lidah buaya mampu membantu melembapkan kulit wajah, karena lidah buaya mengandung zat polisakarida, lignin dan sterol yang terdapat pada gel lidah buaya.

Lidah buaya juga mengandung zat antibakteri dan antimikroba, sehingga mampu mencegah dan menghilangkan jerawat di kulit. Lidah buaya juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E, yang bagus untuk mengatasi peradangan pada kulit jerawat. Cara membuat masker tradisional dari lidah buaya sangatlah mudah:

  1. Ambil 2 sendok makan gel lidah buaya
  2. Campurkan dengan ½ sendok teh air lemon
  3. Oleskan masker ke wajah
  4. Tunggu 5 hingga 10 menit, lalu bilas maskernya dengan air hangat

4. Masker Telur

Telur adalah bahan makanan yang sering dikonsumsi di Indonesia. Ternyata putih telur sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit. Telur memiliki kandungan enzim lysosome. Kandungan ini bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Putih telur juga bisa membantu menyerah minyak berlebih, dan juga mengangkat sel-sel kulit mati. Putih telur bisa langsung dioleskan ke wajah, bisa juga dijadikan seperti sheetmask. Cara membuat masker putih telur seperti sheetmask sangatlah mudah:

  1. Pisahkan putih telur dengan kuning telur
  2. Kemudian kocok sedikit putih telur
  3. Aplikasikan putih telur ke wajah
  4. Tutup wajah dengan tisu, lubangi tisu pada bagian mata, hidung dan juga bibir
  5. Tunggu 15 hingga 20 menit, lalu angkat tisunya, dan bersihkan wajah dengan air hangat

Cara Membuat Masker Tradisional

5. Masker Oatmeal dan Yoghurt

Oatmeal terkenal sebagai makanan yang sehat. Oatmeal memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan juga menurunkan kolesterol dalam tubuh. Mengonsumsi yoghurt dipercaya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, karena mengandung probiotik, dan zat gizi lainnya.

Ternyata oatmeal dan yoghurt juga memiliki manfaat untuk kulit, terutama membantu menghilangkan jerawat. Selain itu oatmeal bisa membantu mengangkat sel kulit mati, dibantu dengan yoghurt yang bisa melembapkan kulit. Cara membuat masker ini sangatlah mudah:

  1. Langkah pertama ambil 1 sendok makan oatmeal
  2. Hancurkan oatmeal terlebih dahulu sampai halus
  3. Ambil 1 sendok makan yoghurt
  4. Campurkan yoghurt ke dalam oatmeal, aduk sampai menjadi bubur
  5. Kemudian oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan
  6. Tunggu masker mengering di wajah sekitar 10 menit
  7. Setelah itu bilas masker menggunakan air hangat
  8. Gunakan masker ini seminggu sekali, agar kulit tidak iritasi

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading