Sukses

Beauty

Di Rumah Aja tapi Kulit Berjerawat dan Kusam? Ini Penjelasannya

Fimela.com, Jakarta Kebijakan physical distancing membatasi kita melakukan segala aktivitas dan membuat seakan terkurung di rumah. Dengan di rumah aja pastinya ada beberapa elemen kehidupan yang berubah. Termasuk kebiasaan perawatan kulit.

Mengenakan sedikit atau tanpa makeup bukan berarti bisa terhindar dari kerusakan kulit. Pada kenyataannya, banyak orang yang berada di rumah aja justru menyebabkan adanya peningkatan jerawat, bintik hitam, hingga kulit yang lebih kering.

Bagaimana bisa kulit bisa tetap mengalami kerusakan meski berada di dalam rumah?

1. Jerawat

Para ahli dermatologi menjelaskan stres menjadi pemicu yang cukup kuat untuk kondisi kulit inflamasi. Seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Jadi, tidak mengherankan ketika ada lebih banyak orang yang merasa terjadi peningkatan jerawat dari biasanya. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi jerawat adalah dengan perawatan, meditasi, hingga olahraga agar tubuh terasa lebih santai dan fokus kembali.

Sementara itu, dr. Sam Bunting menyebutkan bahwa makanan manis dan alkohol berkontribusi pada kerusakan kulit. Pastikan kamu tetap mendapat hidrasi dan makan-makanan yang sehat.

Daripada merasa tertekan dengan terus-terusan berada di rumah, kamu bisa memanfaatkan waktu yang lebih senggang untuk facial di rumah. Sehingga memberikan nutrisi tambahan bagi kulit. Pemijatan selama lima menit setiap malam akan memberikan efek relaksasi yang berdampak baik juga pada kesehatan mental.

Tidak perlu menggunakan bahan yang rumit. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di lemari dan dapur untuk melakukan perawatan kulit. Seperti madu, teh hijau, kunyit, yogurt probiotik, dan buah beri.

2. Kekurangan vitamin D

Tentu, dengan berada di rumah akan membawa dampak positif bagi kulit. Seperti terhindar dari polutan dan sinar UV yang merusak kulit. Di sisi lain, kulit dapat mulai terlihat layu karena kekurangan vitamin D.

Vitamin D berperan dalam perlindungan dan peremajaan kulit. Ia diaktifkan di kulit oleh sinar UVB dan dibuat dalam bentuk kalsitriol dan vitamin D. Kedua kandungan ini berperan pada pertumbuhan, perbaikan, dan metabolisme sel kulit. Ia juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

3. Penumpukan sel kulit

Ketika berada di rumah akan membuat seseorang agak malas merawat diri. Namun jangan lupa bahwa penumpukan sel kulit mati tetap terjadi meski kamu berada di rumah.

Mumpung sedang berada di rumah, manfaatkan waktu untuk melakukan eksfoliasi dengan benar. Kamu bisa menggunakan eksfoliasi fisik menggunakan scrub seminggu sekali. Bisa juga melakukan eksfoliasi kimia dengan konsentrasi AHA/BHA setiap malam untuk membantu kulit mengalami pergantian yang sehat.

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading