Sukses

Beauty

3 Tips Mencegah Jerawat Akibat Menggunakan Masker Setiap Hari

Fimela.com, Jakarta Selama angka pertambahan kasus virus Corona belum melandai, tentu saja masker kain atau medis harus terus kamu kenakan saat beraktivitas di luar ruangan. Masker bukan hanya melindungimu dari paparan virus dan bakteri, tetapi juga sebagai salah satu upaya untuk meredap penularan COVID-19. 

Namun, di sisi lain, mengenakan masker bagi sebagian orang justru dapat memunculkan breakout dan jerawat. Antara News mewartakan, ada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology yang menunjukkan, 83 persen pekerja kesehatan di Hubei, Cina menderita masalah kulit pada wajah mereka. 

Sementara itu, New York Times menulis, masker juga bisa memperburuk masalah kulit wajah yang sudah ada. Meskipun begitu, kamu bisa mencegahnya dengan berbagai cara. 

1. Masker Bahan Katun

Antara New menulis, para ahli dermatologis menyarankan untuk mengenakan masker kain berbahan katun. Bahan ini akan membuat kulitmu dapat bernapas dengan leluasa. Jika kamu berkeringat, segeralah mengganti masker kain katun dengan yang baru agar tidak terjadi inflamasi atau penumpukan debu pada kulitmu yang bisa mendorong munculnya jerawat

 

 

2. Jangan Terlalu Banyak Gunakan Skincare

Kamu mungkin terbiasa menggunakan 10 steps of skincare yang akan membuat kulitmu glowing dan halus. Namun, udara panas ditambah lagi dengan kulit yang ditutup masker akan memancing timbulnya jerawat dan masalah kulit wajah yang baru. Untuk itu, cobalah untuk memangkas skincare routine dengan hanya mengenakan pelembap dan tabir surya saja. 

3. Hindari Makeup yang Terlalu Tebal

Selain tidak akan terlihat pada saat kamu mengenakan masker wajah, riasan yang berat dan cukup tebal juga bisa mendorong timbulnya breakout. Ditambah lagi kamu akan lebih mudah berkeringat karena udara panas dan masker katun yang kamu kenakan. Jika ingin mengenakan masker kain dan tetap tampil segar, cobalah untuk menggunakan pelembap wajah biasa dan merias area matamu saja. Selamat mencoba!

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading